Webinar Rekostruksi Kurikulum Terbaru, Beni : Sangat Bermanfaat Untuk Kami Persiapkan Akreditasi

Merdeka Belajar dimaksudkan untuk memberikan kebebasan kepada mahasiswa untuk memilih bidang sesuai yang mereka butuhkan.


Langgur, Suaradamai.com – Melalui webinar Rekonstruksi kurikulum Merdeka belajar, kampus merdeka. Benedictus Jeujanan sebagai moderator dan Ketua prodi (Kaprodi) Manajamen rekayasa perikanan tangkap (MRPT) Polikant berpendapat kegiatan tersebut sangat bermanfaat untuk persiapan akreditasi.

Saat ini di setiap program studi yang berada di politeknik perikanan negeri tual sedang melakukan persiapan untuk akreditasi. Berbagai upaya dan persiapan telah dilakukan salah satunya yaitu rekonstruksi kurikulum yang digunakan untuk proses belajar mengajar.  saat ini Kementerian Pendidikan dan kebudayan Indonesia telah meluncurkan kebijakan baru yaitu kurikulum Merdeka belajar, Kampus Merdeka.

Merdeka Belajar dimaksudkan untuk memberikan kebebasan kepada mahasiswa untuk memilih bidang sesuai yang mereka butuhkan. Dengan demikian diharapkan akan tercipta kultur belajar yang inovatif, tidak mengekang, dan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa.  dalam pelaksanaanya, mahasiswa diberi kesempatan maksimal 40 sks untuk belajar dan berlatih di luar kampus, ditambah lagi 20 sks di luar prodi.

Menyesuaikan kurikulum terbaru itu Polikant telah mengadakan webinar rekostruksi kurikulum merdeka belajar kampus merdeka dengan menghadirkan narasumber dari luar yaitu Prof. Dr. Ir. Mulyono Suantro Baskoro. M.SC. untuk membawa dua materi secara Via Daring serta diikuti oleh Pembantu direktur Polikant, Ketua Jurusan, Ketua Program stui, serta tenaga Pengajar dosen yang ada di Polikant berlokasi di ruang Ballroom Hotel Aurelia Kimson Sabtu (19/12/2020) lalu.

“Penggunaan kurikulum terbaru ini untuk prodi yang sudah ter-akreditasi, kami sedang mempersiapkannya. sehingga perlu untuk kami menyesuaikan mata kuliah yang digunakan agar sesuai dengan kurikulum terbaru,” Ucap Benedictus. Dirinya mengatakan kegiatan webinar tersebut sangat membantu dan kepada pembantu direktur, ketua jurusan, ketua prodi dan setiap tenaga polikant mempersiapkan akreditasinya.

Terdapat beberapa poin penting yang disampaikan prof. Mulyono diantaranya  Dengan kurikulum merdeka belajar kampus merdeka, dilakukan penyesuaian SKS terhadap beberapa mata kuliah wajib yang telah ada. serta strategi persiapan akreditasi untuk Program studi Unggulan.

“ Prof. Mulyono membantu kami menuju arah yang tepat, ini memberikan kami penguatan untuk akreditai dan penyesuaian kurikulum. sangat membantu,” Tutup Beni.


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU