Wonderful Sail to Indonesia, Ajang Promosi Pariwisata Malra kepada Dunia

Sebagai entry point atau pintu masuk para Yatcher di Nusantara, Maluku Tenggara ingin memberi kesan yang mendalam bagi para turis mancanegara.


Langgur, suaradamai.com – Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara (Pemkab Malra) menjadikan iven Wonderful Sail to Indonesia atau Raly Yacht to Indonesia, sebagai ajang promosi pariwisata Bumi Larvul Ngabal kepada dunia.

Iven pariwisata akbar ini merupakan kegiatan tahunan. Para turis dari berbagai negara memulai perjalanan laut dari Australia tujuan Indonesia. Mereka akan menyinggahi 16 titik persinggahan di Tanah Air, yang dimulai dari Kabupaten Maluku Tenggara.

Sebagai entry point atau pintu masuk para Yatcher di Nusantara, Maluku Tenggara ingin memberi kesan yang mendalam bagi para turis mancanegara.

Untuk itu, pemerintah daerah setempat melalui Dinas Pariwisata menggandeng stakholder terkait, berusaha memberikan pelayanan terbaik bagi para yatcher. Mulai dari pemeriksaan izin, penjemputan dengan menampilkan berbagai tarian adat, hingga jamuan makan siang bersama.

Kepala Dinas Pariwisata Malra Ana Yunus menjelaskan, iven pariwisata tahunan ini sempat tertunda selama dua tahun, 2020 dan 2021, karena pandemi Covid-19. Dengan adanya tersebut tahun ini, menunjukkan bahwa Indonesia, khususnya Maluku Tenggara aman untuk dikunjungi.

Selama kurang lebih satu minggu berada di Malra, lanjut Ana, para turis akan menikmati keindahan pariwisata Kepulauan Kei dengan berbagai kegiatan dan atraksi yang ada. Selain itu, Dinas Pariwisata juga menawarkan paket-paket wisata khusus bagi para wisatawan tersebut.

“Paket kurang lebih Rp400 ribu per orang,” ungkap Ana kepada wartawan usai acara seremoni penerimaan para Yatcher, di Danar, Sabtu (16/7/2022).

“Ini iven bagi kita untuk mempromosikan pariwisata, baik wisata bahari, budaya, religi, maupun kuliner,” tambah Ana.

Ana menambahkkan, ada 26 yacth atau kapal layar dengan membawa sekitar 60an wisatawan tahun ini. Jumlah ini memang turun, tetapi juga merupakan kesempatan bagi Malra untuk mempromosikan pariwisata. Ana harap, iven raly yacht ini menjadi magnet, menarik wisatawan lain.

Selain menawarkan paket wisata, Pemkab Malra juga memindahkan lokasi penerimaan para yachter. Sebelumnya di Ohoi Debut Kecamatan Manyeuw. Kali ini di Uf, Kecamatan Kei Kecil Timur Selatan. Bupati Malra M. Thaher Hanubun berencana agar tahun depan lokasi penerimaan dipindahkan ke Elat, Kecamatan Kei Besar. Cara ini juga merupakan bagian dari strategi mempromosikan pariwisata Maluku Tenggara kepada dunia.

Editor: Labes Remetwa


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU