Rabu, Oktober 28, 2020

Buka Dialog Kebangsaan Lintas Agama, Bupati Rekomendasikan Kearifan Lokal sebagai Penyerta Diskusi

Kearifan lokal terbukti mampu membantu penyelesaian konflik 1999 di Kepulauan Kei.


Langgur, suaradamai.com – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Maluku bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara mengadakan dialog kebangsaan lintas agama. Dialog tersebut dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Malra, Sabtu (17/10/2020).

Kegiatan dihadiri kurang lebih 65 orang antara lain Ketua MUI Provinsi Maluku Abdullah Latuapo, Ketua Sinode Gereja Protestan Maluku A. J. S. Werisnussa, Sekretaris Keuskupan Amboina Ino Ngutra, Sekretaris MUI Maluku Abdul Manan Latuconsina, para asisten dan staf ahli Bupati Malra, pimpinan OPD Malra, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda.

Kegiatan yang mengusung tema “merajut kebersamaan untuk kedamaian dan kesejahteraan umat” itu dibuka oleh Bupati Malra M. Taher Hanubun. Dalam sambutannya, Bupati Thaher mengatakan, momentum untuk membangkitkan kembali budaya dialog antar umat beragama dipercayai sebagai jalan menuju keharmonisan hidup antar umat beragama.

Pada kesempatan itu, Bupati juga merekomendasikan kearifan lokal sebagai penyerta dalam strategi membangun dialog antar umat beragama yang toleran.

“Saya menyampaikan hal ini, bukan tanpa alasan, karena saya sendiri sebagai saksi hidup, betapa kearifan lokal dapat dijadikan sebagai alternatif membangun komunikasi harmonis bagi umat beragama,” ujar Bupati.

Bupati mencontohkan penyelesaian konflik horisontal yang pernah melanda Kei, dapat diselesaikan melalui penyertaan kearifan lokal dalam membangun dialog antar umat beragama, sehingga konflik 1999 itu dapat diselesaikan hanya dalam kurun waktu 3 bulan.

Editor: Labes Remetwa


“Merajut kebersamaan untuk kedamaian dan kesejahteraan umat”

Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

ARTIKEL TERPOPULER

Pemkot Tual Pulangkan 254 Pelaku Karantina: Terbanyak Mahasiswa

Wali Kota memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menasihati pelaku karantina yang sebagian besar adalah pelajar mahasiswa.

Jalan Trans Pulau Kei Besar Resmi Jadi Proyek Prioritas Nasional

Selamat untuk seluruh masyarakat Maluku Tenggara. Kita tatap Maluku Tenggara yang lebih baik. Langgur/Jakarta, suaradamai.com – Kabar baik bagi...

Tharob: Varietas Bawang Merah Tajuk Lebih Baik dan Cocok di Kei

Bawang merah varietas tajuk yang diproduksi di Kei memiliki ciri yang sama seperti di Nganjuk, Jawa Timur. Langgur, suaradamai.com...

Kerajinan Tangan Warga Ohoiren Perlu Inovasi

Kerajinan tangan lokal mulai mengalami kemunduran karena tidak ada inovasi. Langgur, suaradamai.com – Industri kreatif seperti kerajinan tangan...

KOMENTAR TERBARU