Bupati Malra: Mgr. Petrus Canisius Mandagi Adalah Sosok Panutan

Ikuti suaradamai.com dispot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Monsinyur Mandagi selalu hadir dalam upaya untuk menegakan kebenaran, keadilan, terlebih untuk kemanusiaan dan toleransi antar umat beragama.


Langgur, suaradamai.com – Bupati Maluku Tenggara M. Thaher Hanubun menyebut Mgr. Petrus Canisius Mandagi, MSC. adalah panutan bagi dirinya secara pribadi, keluarga, pemerintah daerah, dan masyarakat.

Hal itu disampaikan bupati saat menyampaikan sambutan di acara Syukuran Penerimaan Sakramen Krisma Paroki Rumaat dan Syukuran Karya Kegembalaan Yang Mulia Mgr. P. C. Mandagi, MSC di Ohoi (Desa) Rumaat, Kecamatan Kei-Kecil Timur, Maluku Tenggara, Selasa (15/6/2021).

“Beliau adalah sosok panutan bagi kami dan pasti juga bagi banyak orang. Beliau adalah sosok yang ramah, ceria, lebih-lebih sosok yang mengayomi seluruh lapisan masyarakat baik Katolik, Protestan, Islam, Hindu, Budha dan Agama lainnya,” ungkap bupati.

Lanjut bupati, Monsinyur Mandagi selalu hadir dalam upaya untuk menegakan kebenaran, keadilan, terlebih untuk kemanusiaan dan toleransi antar umat beragama.

“Hal ini yang membuat beliau sebagai sosok yang disegani banyak orang,” ucap bupati.

Menurut bupati, Monsinyur Mandagi lewat caranya sendiri telah menggantikan sosok Monsinyur Aerts dalam hal memperjuangkan keadilan dan kemanusiaan universal.

“Tugas Penggembalaan Beliau yang lebih dari 26 tahun di Keuskupan Amboina telah meninggalkan banyak sekali karya mengagumkan. Beliau Berhasil melahirkan lebih dari 100 Imam Diosesan. Beliau telah membangun sarana peribadatan di banyak tempat lewat kerjasama harmonis dengan pemerintah. Beliau memodernisasi pelayanan kesehatan agar terus melayani banyak orang tanpa mengenal batasan, serta banyak lagi karya luar biasa yang beliau karyakan di Keuskupan Amboina ini,” terang bupati.

Bupati menambahkan, dia secara pribadi dan Pemerintah Daerah Maluku Tenggara merasa dicintai oleh Monsinyur Mandagi.

“Untuk itu, tak henti-hentinya saya menghaturkan limpa terirna kasih. Jujur ketika mengetahui, kalau Tugas penggembalaan Monsinyur Mandagi di Keuskupan Amboina akan segera berakhir, ada rasa sedih dan kehilangan yang besar,” pungkas bupati.

Bupati berharap, sosok pengganti Monsinyur Mandagi nanti dapat mencontohi karakter kepemimpinan Monsinyur Mandagi.

“Karena itu, pemerintah daerah dan seluruh masyarakat Maluku Tenggara, memohonkan doa dan berkat dari Yang Mulia Bapa Uskup, agar kami semua terus tumbuh dan berkembang dalam persaudaraan dan kuat dalam melayani masyarakat Maluku Tenggara,” tutup bupati.


Ikuti suaradamai.com dispot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ronald Tethool

Sosok inspiratif yang berhasil memajukan pariwisata Ngurbloat, Kepulauan Kei, Maluku.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU