Dalam Waktu Dekat, Dinkes Malra Lakukan Vaksinasi bagi Anak Usia 6-11 Tahun

“Kami dengan 18 tim vaksinator yang tersebar di 18 Puskesmas, kami siap untuk melayani siswa-siswi SD maupun TK yang berusia 6 tahun ke atas,” kata Kepala Dinas Kesehatan Malra dr. Ketty Notanubun.


Langgur, suaradamai.com – Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara (Pemkab Malra) lewat Dinas Kesehatan setempat dalam waktu dekat akan melaksanakan Vaksinasi Covid-19 bagi anak-anak usia 6-11 tahun.

Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Malra dr. Ketty Notanubun menjelaskan, vaksinasi anak sekolah usia 6-11 tahun sudah dilaksanakan di seluruh Indonesia termasuk Provinsi Maluku.

“Seluruh kabupaten/kota di provinsi Maluku sudah diimbau untuk melaksanakan vaksinasi anak usia 6-11 tahun, dan sasaran yang kami dapat yakni 12.926 anak. Kemarin kami sudah rapat koordinasi bersama Polres Tual yang dihadiri oleh beberapa dinas di antaranya Kesehatan, Pendidikan, Dukcapil baik dari kabupaten Malra maupun Kota Tual untuk menyamakan persepsi sekaligus penyediaan data,” kata dr. Ketty melalui telepon, Kamis (20/1/2022).

Khusus untuk Malra, data anak usia 6-11 tahun dari dinas Pendidikan yang disampaikan ke Dinas Kesehatan kurang lebih 11.441, sementara data dari Dukcapil juga tidak beda jauh, yakni sekitar 11 ribu-an.

“Kami dengan 18 tim vaksinator yang tersebar di 18 Puskesmas, kami siap untuk melayani siswa-siswi SD maupun TK yang berusia 6 tahun ke atas,” kata dr. Ketty.

Selaku Kepala Dinas Kesehatan, dr. Ketty mengaku telah melakukan beberapa langkah terkait pelaksanaan vaksin bagi anak-anak. Langkah pertama yakni meminta data dari Kadis Pendidikan.

Yang kedua, meminta setiap kepala puskesmas untuk melakukan edukasi, koordinasi dan sosialisasi ke pihak sekolah terkait dengan murid-murid yang akan divaksin. Dan yang ketiga, Ia juga sudah meminta puskesmas-puskesmas untuk nantinya menyusun jadwal vaksinasi yang direncanakan tanggal 24 Januari 2022 sudah mulai.

Selain itu, mantan Direktur RSUD Karel Sadsuitubun itu mengatakan, pihaknya juga sudah meminta permintaan penambahan stok vaksin dari Pemerintah Provinsi Maluku.

“Itulah langkah-langkah yang kami lakukan. Mudah-mudahan dalam beberapa hari ini jadwal sudah kami keluarkan, sehingga memudahkan pihak puskesmas melakukan vaksinasi. Selain vaksinasi bagi anak-anak, kami juga tetap melakukaan vaksinasi untuk umum agar semuanya tetap berjalan,” pungkasnya.

Untuk diketahui, jenis vaksin yang digunakan untuk anak usia 6-11 tahun adalah jenis Sinovac.

Editor: Labes Remetwa


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU