Di SD NK Mathias III Langgur A, Bupati Hanubun Buka USBK Tingkat Sekolah Dasar

Ikuti suaradamai.com dispot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pelaksanaan USBK tingkat SD ini dilaksanakan selama enam hari, 22-27 Mei 2023.


Langgur, suaradamai.com – Bupati Maluku Tenggara (Malra) M. Thaher Hanubun membuka Ujian Sekolah Berbasis Komputer (USBK) tingkat Sekolah Dasar (SD) tahun ajaran 2022/2023.

Kegiatan pembukaan dilaksanakan di SD Naskat Mathias III Langgur A, Senin (22/5/2023). Turut hadir Kepala Dinas Pendidikan Malra Umar Hanubun dan Sekretaris Dinas Pendidikan Anes Layanan.

USBK adalah suatu kegiatan evaluasi hasil belajar peserta didik yang merupakan bagian dari sistem pembelajaran meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian.

Pelaksanaan USBK tingkat SD ini dilaksanakan selama enam hari, 22-27 Mei 2023.

Pada kegiatan pembukaan, Bupati Hanubun mengalungkan tanda pengenal dan menekan tombol mulai pada komputer sebagai tanda pembukaan ujian.

Bupati mengapresiasi pelaksanaan ujian sekolah sudah menggunakan komputer. Ia mengajak semua pihak yang bergerak di bidang pendidikan, agar mengadopsi cara-cara baru yang lebih baik demi kemajuan daerah, khususnya dunia pendidikan.

“Kata Bapak Presiden kita, kita tinggalkan cara yang lama. Kita masuk cara yang baru. Itu adalah digitalisasi. Semuanya menggunakan komputer,” jelas Bupati.

“Dulu guru-guru bikin soal, setelah ujian periksa (hasil) satu per satu. Sekarang seng (tidak). Begitu selesai, langsung sudah tahu nilai,” tambah Bupati mencontohkan.

Sama seperti sambutannya pada pembukaan Ujian Satuan Pendidikan (USP) di SMP Budhi Mulia Langgur beberapa waktu lalu, Bupati juga mengajak para siswa agar rajin belajar untuk mendapat nilai ujian yang baik.

Sebab, pada akhirnya, ia akan memberikan hadiah bagi siswa yang memiliki nilai ujian tertinggi pada setiap mata pelajaran.

“Kepala Dinas Pendidikan bersama Kabidnya, pengawas, harus menyampaikan hasil akhir bahwa yang mendapat nilai IPA, IPS, siapa dia. Pasti dia dapat hadiah,” ujar Bupati.

Kepala Dinas Pendidikan Umar Hanubun menambahkan, pelaksanaan USBK dilakukan serentak di 142 SD di Malra. Sebanyak 2.115 peserta yang ikut ujian.

“Ada yang menggunakan komputer, ada yang menggunakan kertas. Ini karena memang ada sekolah yang belum memiliki fasilitas komputer,” ungkap Umar kepada wartawan usai acara pembukaan.

Ia menambahkan, kurang lebih lebih ada 10 sekolah yang tersebar di Kei Kecil dan Kei Besar, telah melakukan ujian berbasis komputer.

Editor: Labes Remetwa


Baca juga:

Ikuti suaradamai.com dispot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ronald Tethool

Sosok inspiratif yang berhasil memajukan pariwisata Ngurbloat, Kepulauan Kei, Maluku.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU