Dinas Perpusip Tual Kembangkan Budaya Gemar Membaca

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Tual juga mengimbau setiap Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP), agar membiasakan siswa-siswi di perpustakaan sekolah.


Tual, suaradamai.com – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Perpusip) Daerah Kota Tual terus mengembangkan budaya gemar membaca dengan menekankan cara cerdas berliterasi.

Hal ini dilakukan untuk menyiapkan generasi muda dalam menghadapi arus informasi yang deras di era digital saat ini.

Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca Dinas Perpusip Tual, Sri Novianti mengatakan, pihaknya fokus mengembangkan kebiasaan membaca sebagai fondasi untuk bertransformasi ke literasi digital.

“Bagaimana kita menarik anak-anak untuk bisa membaca, ini khusus untuk generasi muda ya, agar tidak langsung bertransformasi ke era digital ini. Kita berikan dasar dulu, dengan membudayakan mereka cara membaca dulu, tahu ilmunya dulu, cerdas dulu berliterasi, baru nanti akan kita arahkan transformasi ke era digital. Kalau di kota-kota besar mungkin mereka bisa dengan cepat transformasi, tapi kalau untuk kita di daerah ini kan, kita perlu tahapan-tahapannya,” terang Novianti.

Selain itu, Novianti menambahkan, pihaknya juga mengimbau setiap Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP), agar membiasakan siswa-siswi di perpustakaan sekolah.

“Misalnya, kalau dia yang SD itu bisa gurunya mewajibkan anak-anaknya untuk tiap hari 1 jam di perpustakaan. Setiap kelas bergantian, nanti di dalam itu bisa mungkin Ibu gurunya telling story atau mungkin nanti bergilir gantian anak yang membaca, bagaimana mereka mengaplikasikannya, menceritakannya kepada teman-temannya,” kata Novianti mencontohkan.

“Kalau di tingkat SMP mungkin ada keterampilan-keterampilan, ibu gurunya bisa baca buku keterampilan, nanti mendampingi siswa untuk misalnya membuat keterampilan,” imbuh Novianti.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Tual juga terus menggenjot literasi bagi masyarakat umum dengan penawaran buku terkait keterampilan dan profesi, yang tersedia di gedung perpustakaan daerah serta perpustakaan keliling.

Editor: Labes Remetwa


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU