Selasa, Januari 19, 2021

DPRD Malra Tetapkan Kode Etik dan Tata Beracara Badan Kehormatan

Kode etik ini untuk mendisiplinkan anggota DPRD dalam melakukan kegiatan.


Langgur, suaradamai.com – DPRD Kabupaten Maluku Tenggara menggelar rapat paripurna penetapan kode etik dan tata beracara Badan Kehormatan (BK), Jumat (8/1/2021).

Rapat paripurna ini merupakan tindaklanjut dari hasil konsultasi Pansus kode etik dan tata beracara sejak satu tahun lalu. Baru hari ini ditetapkan karena akibat pandemi Covid-19 yang menyita banyak perhatian.

“Hasil fasilitasi baru disampaikan oleh Biro Hukum Pemerintah Provinsi pada beberapa minggu kemarin, sehingga hari ini kita ada pada paripurna dalam rangka penetapan hasil fasilitasi yang disampaikan oleh Pansus,” tutur Wakil Ketua I DPRD Malra Albert Efruan usai paripurna.

Albert menambahkan, kode etik ini untuk mendisiplinkan anggota DPRD dalam melakukan kegiatan. Kegiatan yang dimaksud seperti cara menyampaikan pendapat, menanggapi pendapat, melakukan sidak, kunjungan kerja, dan sebagainya.

Sedangkan tata beracara itu berkaitan dengan penyampaian pengaduan baik dari masyarakat maupun pimpinan dan anggota DPRD tentang adanya penyimpangan maupun kesalahan yang dilakukan pimpinan dan anggota DPRD.

“Badan kehormatan mempunyai tanggung jawab, dengan dasar hukum pada tata beracara ini, digunakan untuk mengadili anggota DPRD yang melakukan kesalahan pada aturan yang kita sepakati,” jelasnya.

“Yang tidak hadir tiga (3) kali secara berturut-turut dalam tiga kali paripurna maka akan disampaikan dalam Badan Kehormatan untuk memanggil yang bersangkutan,” kata Albert mencontohkan.

Editor: Labes Remetwa


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

ARTIKEL TERPOPULER

Tharob: Varietas Bawang Merah Tajuk Lebih Baik dan Cocok di Kei

Bawang merah varietas tajuk yang diproduksi di Kei memiliki ciri yang sama seperti di Nganjuk, Jawa Timur. Langgur, suaradamai.com...

Jalan Trans Pulau Kei Besar Resmi Jadi Proyek Prioritas Nasional

Selamat untuk seluruh masyarakat Maluku Tenggara. Kita tatap Maluku Tenggara yang lebih baik. Langgur/Jakarta, suaradamai.com – Kabar baik bagi...

Kerajinan Tangan Warga Ohoiren Perlu Inovasi

Kerajinan tangan lokal mulai mengalami kemunduran karena tidak ada inovasi. Langgur, suaradamai.com – Industri kreatif seperti kerajinan tangan...

Pemkot Tual Pulangkan 254 Pelaku Karantina: Terbanyak Mahasiswa

Wali Kota memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menasihati pelaku karantina yang sebagian besar adalah pelajar mahasiswa.

KOMENTAR TERBARU

× Ada yang bisa dibantu?