Enam dari 11 Mahasiswa Polikant Lolos Seleksi Internal, Siap Daftar Kuliah Luar Negeri

Enam mahasiswa Polikant itu akan bersaing dengan mahasiswa se-Indonesia untuk merebut 400 kursi.


Langgur, suaradamai.com – Politeknik Perikanan Negeri Tual (Polikant) terus berupaya memfasilitasi mahasiswa untuk belajar ke luar negeri lewat program Indonesian International Student Mobility Awards for Vocational Students (IISMAVO).

Melalui Unit Satuan Kerjasama Industri dan Internasional (SKII), Polikant melakukan berbagai persiapan. Mulai dari sosialisasi program tersebut bagi mahasiswa di 10 Program Studi (Prodi) di kampus biru itu sejak 30 Maret lalu.

Sosialisasi dilakukan seputar maksud dan tujuan serta manfaat program IISMA, skema pembelajarannya, pembiayaan, hingga pendaftaran sampai seleksi.

Kemudian, SKII juga melakukan pemantapan keterampilan berbahasa inggris terhadap 11 mahasiswa yang ingin belajar ke luar negeri. Mahasiswa digembleng selama sekitar satu minggu sebelum SKII mengadakan seleksi internal bahasa inggris (berupa TOEFL, TOEIC, dan Duolingo).

Seleksi itu tidak bermaksud membatasi mahasiswa untuk mendaftar kuliah ke luar negeri. Namun, hanya dilakukan untuk mendapat enam mahasiswa yang akan dibiayai oleh kampus dalam pengurusan administrasi untuk pendaftaran.

“Jadi yang tidak lolos seleksi juga bisa mendaftar dengan biayanya sendiri,” jelas Ketua Unit SKII Polikant Ida I Dewa Ayu Raka Susanty kepada Suaradamai.com di ruang kerjanya, Senin (9/5/2022).

Susan menambahkan, selama berproses, ada dua mahasiswa mengundurkan diri karena alasan sakit. Sehingga hanya sembilan orang yang ikut seleksi internal. Tersaring enam orang yang akan dibiayai oleh pihak kampus.

Mereka adalah Pancratia Reubun, Danang T. A. Suyadi, Alexandrio Weerubun, Petronela Welerubun, Rosina Sainlar Maskim, dan Irma Frency Lovihan.

“Tidak menutup kemungkinan untuk tiga orang itu (yang tidak lolos seleksi internal), bisa ikut mendaftar kuliah ke luar negeri juga,” imbuh Susan.

SKII, kata Susan, juga kan membantu menyiapkan dokumen pendaftaran mahasiswa.

“Kami akan selalu mendampingi mereka. Pada saat mereka membuat essay, sampai mengupload dokumen pendaftaran,” tambah Susan.

Untuk diketahui, pendaftaran kuliah ke luar negeri melalui program IISMAVO secara nasional akan berakhir pada 21 Mei, seleksi administrasi 22-24 Mei, seleksi wawancara pada 27-28 Mei. Kemudian peserta yang lolos seleksi akan diumumkan pada 31 Mei-3 Juni.

Editor: Labes Remetwa


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU