Jalur dan Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru Polikant

Sebagai lembaga pendidikan tinggi vokasi, Polikant menyelenggarakan dua jenjang pendidikan yaitu jenjang Diploma 3 dan Program Sarjana Sains Terapan atau Diploma 4 (D4).


Langgur, suaradamai.com – Politeknik Perikanan Negeri Tual (Polikant) telah membuka pendaftaran untuk penerimaan mahasiswa baru (Maba) tahun ajaran 2022/2023.

Penerimaan Maba di Polikant melalui lima jalur, yaitu Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri – D3 (SNMPN), Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri – D4 (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri – D3 (SBMPN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri – D4 (SBMPTN), dan jalur Mandiri – D3/D4.

Pendaftaran melalui jalur SNMPN dan SNMPTN telah berakhir. Namun, untuk tiga jalur yang lain masih dibuka.

Melalui jalur SBMPN – D3, pendaftaran akan dibuka pada 6 April sampai 30 Juni 2022. Pelaksanaan seleksinya pada 2 Juli dan pengumuman pada 9 Juli. Pendaftaran dapat dilakukan melalui http://pmb.polikant.ac.id/ atau http://sbmpn.politeknik.or.id.

Kemudian, pendaftaran pada jalur SBMPTN – D4, telah dibuka sejak 23 Maret lalu sampai 15 April mendatang. Calon mahasiswa baru akan mengikuti seleksi lewat dua gelombang, gelombang 1 pada 17-23 Mei dan gelombang kedua pada 28 Mei sampai 3 Juni. Pengumuman pada 23 Juni. Pendaftaran dapat dilakukan melalui http://pmb.polikant.ac.id/ atau http://portal.ltmpt.ac.id.

Sementara, untuk jalur mandiri. Pendaftaran akan dibuka pada 9 Juli sampai 4 Agustus. Pelaksanaan seleksinya pada 6 Agustus. Dua hari kemudian, atau pada 8 Agustus, akan dilakukan pengumuman. Untuk jalur ini pendaftaran dilakukan lewat http://pmb.polikant.ac.id/ atau dapat mendaftar langsung ke kampus Polikant yang terletak di Desa Sathean, Kecamatan Kei Kecil Timur, Kabupaten Maluku Tenggara.

Pembantu Direktur (Pudir) I Bidang Akademik Polikant Dani S. Royani mengatakan, daya tampung mahasiswa baru di Politeknik Perikanan Negeri Tual saat ini adalah 568 orang.

Sebagai lembaga pendidikan tinggi vokasi, Polikant menyelenggarakan dua jenjang pendidikan yaitu jenjang Diploma 3 dan Program Sarjana Sains Terapan atau Diploma 4 (D4). Hingga kini terdapat satu jurusan yaitu Jurusan Teknologi Hasil Perikanan yang membawahi empat Prodi D3 dan enam Prodi D4.

Empat Prodi D3 tersebut adalah Program Studi Teknologi Hasil Perikanan (THP), Agribisnis Perikanan (AGP), Teknologi Budidaya Perikanan (TBP), Teknologi Penangkapan Ikan (TPI).

Sementara Program Sarjana Sains Terapan (D4) yaitu Teknologi Kelautan (TKL), Bioteknologi Perikanan, Manajemen Rekayasa Budidaya Laut (MRBL), Agrowisata Bahari (AWB), Manajemen Rekayasa Pengolahan Hasil Perikanan (MRPHP) dan Manajemen Rekayasa Perikanan Tangkap (MRPT).

Sekadar tahu, Politeknik Perikanan Negeri Tual (Polikant) menempati posisi 16 dari 1.330 perguruan tinggi vokasi di Indonesia, yang terbaik dalam menyelenggarakan program bidang kemahasiswaan.

Editor: Labes Remetwa


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU