Festival Meti Kei Ajang Promosikan Maluku Menjadi Wisata Nasional

Bagi Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu, yang paling penting adalah ada nilai ekonomi.


Langgur, suaradamai.com – Anggota Komisi II DPRD Provinsi Maluku Aziz Hentihu mengatakan, event Festival Pesona Meti Kei sangat penting dan memiliki banyak nilai. Pertama karena Festival Meti Kei ini telah menjadi agenda tahunan yang juga masuk dalam agenda wisata Nasional.

“Alhamdulillah, kebetulan kita juga diundang. Kita menyambut baik. Ini bukan kebutuhan kabupaten ini yang melaksanakan tetapi juga menjadi kebutuhan Maluku dan kepentingan Maluku untuk memajukan pariwisata lokal wisata Maluku wisata Nasional,” jelas Aziz kepada Suara Damai saat diwawancarai, Selasa (26/10/2021).

Aziz menambahkan, Festival Pesona Meti Kei tidak hanya menampilkan keindahan alamnya saja. Ada banyak atraksi yang ditampilkan, salah satunya adalah lomba dayung sampan.

“Ini adalah khazanah budaya lokal. Kemudian nanti juga ada kegiatan panen ikan di puncak event nanti. Sesuatu yang harus disambut baik dan didukung oleh semua pihak,” jelas Aziz.

Bagi Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu, yang paling penting adalah ada nilai ekonomi.

“Kegiatan ini bisa ada manfaat ekonominya. Ada banyak yang beli barang. Kemudian bayangkan saja sekian banyak tamu yang datang selain tamu-tamu lokal, undangan lokal atau pengunjung lokal. Kemudian di level Maluku, juga ada yang jauh dari pulau Jawa sampai ke sini,” papar Aziz.

“Semoga ke depannya yang kita inginkan akan jauh lebih maksimal. Dalam diskusi dengan Bupati tadi waktu menghadiri lomba futsal. Pelaksanaan futsal biasanya di lapangan futsal, tadi kita lihat di pantai, yang menampilkan selain ada sepak bola futsal, di situ ada juga keindahan pantai Meti Kei. Ini layak dijual dan memiliki banyak manfaat,” kata Aziz menjelaskan keunikan lomba futsal extreme yang digelar di pantai Ohoidertawun.

Menurut Aziz, FPMK perlu mendapat dukungan lebih dari Pemerintah Provinsi Maluku. Tidak hanya sebatas bantu mempromosikan. Aziz mengharapkan agar Dinas Pariwisata Maluku juga mengalokasikan anggaran untuk pelaksanaan FPMK tahun berikutnya.

“Ini menjadi banyak sekali masukan kemudian nanti bagi kita Anggota legislatif. Hal ini mesti kita dukung, kalau ada kontribusi dari APBD Maluku mungkin lewat Dinas Pariwisata Maluku juga bisa bantu untuk mendukung selain promosi,” pungkas Aziz.

Editor: Petter Letsoin


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU