Jaringan Internet Capai 81 Persen, Komisi III Puji Kinerja Diskominfo Malra

Jika dilihat per wilayah, maka kondisi jaringan internet 4G di Kei Kecil mencapai 93 persen. Sementara di Kei Besar 76 persen.


Langgur, suaradamai.com – Komisi III DPRD Kabupaten Maluku Tenggara mengapresiasi Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) setempat atas kinerjanya yang dalam waktu tidak lama, telah memperluas jaringan internet mencapai 81 persen di seluruh Maluku Tenggara.

Jika dilihat per wilayah, maka kondisi jaringan internet 4G di Kei Kecil mencapai 93 persen. Sementara di Kei Besar 76 persen.

Ketua Komisi III Septian Brian Ubra dalam rapat pertanggungjawaban anggaran 2021 oleh Diskominfo di ruang rapat komisi, Rabu (13/7/2022), memuji kinerja Diskominfo di bawah kepemimpinan Antonius W. Raharusun.

Dalam rapat tersebut, Komisi III tidak terlalu banyak mempertanyakan soal pertanggungjawaban anggaran. Pimpinan dan anggota komisi yang membidangi keuangan, investasi, dan pembangunan itu justru bertanya soal program dan kegiatan Diskominfo pada tahun ini.

Mereka juga meminta Diskominfo untuk mengusahakan jaringan internet di wilayah yang belum tersentuh, terutama yang rawan bencana.

Senada dengan Brian, anggota Komisi III Cristo Beruat juga memuji kinerja Diskominfo.

“Terhadap laporan pertanggungjawaban realisasi ini, kami Komisi III mengapresiasi dan kami setujui. Informasi yang kami dapat, menyangkut dengan tower-tower (internet) ini, itu (capaiannya) sudah 70an persen. Itu luar biasa,” ujar Beruat.

Politisi Partai PKB itu meminta agar penyebaran menara BTS merata di semua wilayah Maluku Tenggara. Sebab, menurut dia, wilayah Kecamatan Kei Besar Utara Timur belum menikmati jaringan yang baik.

Menanggapi berbagai masukan dari pimpinan dan anggota Komisi III, Kepala Dinas Kominfo Malra Antonius W. Raharusun mengatakan menegaskan bahwa wilayah Kecamatan Kei Besar Utara Timur masih menjadi prioritas pembangunan jaringan.

Hanya saja, kondisi geografis di sana yang memiliki banyak gunung, membutuhkan jenis tower tertentu. Sebab itu, Diskominfo sementara berupaya merelokasi tower dimaksud. Namun, masih menunggu persetujuan dari Kementerian Kominfo.

Raharusun yakin, dengan pemindahan tower tersebut, jaringan internet di Kei Besar Utara Timur akan semakin baik.

Editor: Labes Remetwa


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU