Kemenkop UKM Bikin Pelatihan Pengolahan Ikan di Maluku Tenggara

Pelatihan bagi usaha mikro berbasis kompetensi di bidang pengolahan ikan ini dilaksanakan selama tiga hari, 21-23 Maret, di Hotel Suita Langgur.


Langgur, suaradamai.com – Kementerian Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah (Kemenkop UKM) RI membikin pelatihan pengolahan ikan di Langgur, Kabupaten Maluku Tenggara, Provinsi Maluku.

Kegiatan bernama lengkap “pelatihan bagi usaha mikro berbasis kompetensi di bidang pengolahan ikan” itu dilaksanakan selama tiga hari, 21-23 Maret, di Hotel Suita Langgur.

Pelatihan ini melibatkan 30 pengusaha mikro yang direkomendasikan oleh Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Maluku Tengara.

Peserta belajar memilih bahan baku, mengolah ikan menjadi olahan (bakso, nuget, abon ikan, dan otak-otak), pengepakan (packing), manajemen keuangan, hingga pemasaran.

Adapun pelatihan menghadirkan fasilitator bidang pengolahan ikan dari Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti.

Kepala Bidang Standarisasi dan Kompetensi Usaha Mikro, Kementerian Koperasi dan UKM RI, Bambang Tanoto menjelaskan, Maluku Tenggara memiliki potensi perikanan yang besar. Selama ini pengolahan masih sederhana. Sebab itu dilakukan pelatihan agar ada nilai tambah, dalam bentuk nuget, abon, bakso, dan otak-otak.

Melalui pelatihan ini, Bambang menambahkan, peserta diharapkan memiliki pengetahuan tentang jenis-jenis ikan yang baik untuk diolah, peserta terampil dalam mengolah hasil perikanan, memiliki sikap atau cara kerja yang baik dan benar, tahu mengemas atau mengepak (packaging), menghitung keuangan, hingga memanfaatkan media sosial untuk memasarkan produk olahan.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah (Dinkop UKM) Kabupaten Maluku Tenggara Munawir Matdoan menyambut baik pelatihan tersebut. Ia bersyukur ada pelatihan yang diselenggarakan langsung oleh Kemenkop dan UKM di saat daerah tidak melakukannya karena keterbatasan anggaran.

Pelatihan tersebut, bagi Munawir, juga sangat tepat karena sesuai dengan semangat pembangunan di Kabupaten Maluku Tenggara, yakni perikanan dan pariwisata.

Untuk diketahui, Kemenkop dan UKM telah melakukan pelatihan serupa di beberapa daerah dalam tahun 2022, yakni di Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), Sulawesi Tengah (Sulteng), dan Kepulauan Riau (Kepri).

Editor: Labes Remetwa


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU