Kini Pelayanan Sidang Terpadu Pernikahan Agama di Tual Gratis

“Kita berharap melalui pelaksanaan pelayanan sidang terpadu ini menjadi solusi untuk secara bertahap, Pemerintah Kota Tual dapat menyelesaikan permasalahan perkawinan siri atau perkawinan di bawah tangan yang masih banyak terjadi,” kata Wal Kota.


Tual, suaradamai.com – Pengadilan Agama Tual bersama Kementerian Agama Kota Tual menginisiasi kerja sama pelaksanaan Isbat Nikah dan Pelayanan Sidang Terpadu bagi pasangan suami istri yang belum memiliki buku nikah atau masih berstatus nikah siri, bersama Pemerintah Kota Tual.

Dengan ini, Pemerintah Kota Tual membebaskan warga atas seluruh biaya administrasi sidang isbat nikah dan memfasilitasi pelaksanaan kegiatan pelayanan sidang terpadu oleh Pengadilan Agama Tual secara gratis.

Hal ini disampaikan oleh, Wali Kota Tual Adam Rahayaan saat memberikan sambutan dalam rangka membuka pelaksanaan sidang isbat nikah pelayanan terpadu yang berlangsung di Pendopo Yarler Tual, Senin (5/12/2022).

“Kita berharap melalui pelaksanaan pelayanan sidang terpadu ini menjadi solusi untuk secara bertahap, Pemerintah Kota Tual dapat menyelesaikan permasalahan perkawinan siri atau perkawinan di bawah tangan yang masih banyak terjadi,” katanya.

Melalui kerja sama ini, Wali Kota harap dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya pelaporan dan pencatatan perkawinan dalam rangka memberikan perlindungan jaminan kepastian hukum bagi masyarakat.

“Atas nama Pemerintah Kota Tual, saya mengucapkan terima kasih kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tual dan jajaran khususnya para Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan yang telah berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Tual melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, dalam melaksanakan pelayanan terpadu pencatatan pernikahan,” ungkapnya.

Wali Kota menjelaskan, hambatan utama masyarakat untuk memperoleh pengesahan nikah melalui isbat nikah ini, sebagian besar terkendala oleh biaya yang harus dikeluarkan mulai dari biaya pendaftaran dan biaya selama proses sidang sampai terbitnya putusan.

Sehingga pihaknya berharap, melalui kerja sama ini tidak ada lagi masyarakat yang tidak bisa mengajukan isbat nikah untuk memperoleh buku nikah karena alasan tidak ada biaya.

Pemerintah Kota Tual melalui kerja sama dengan Pengadilan Agama Tual dan Kementerian Agama Kota Tual, akan menjadikan pelayanan sidang terpadu ini sebagai agenda tahunan sebagai bukti bahwa Pemkot hadir untuk menyelesaikan setiap permasalahan yang terjadi dalam masyarakat.

Ucapan terima kasih yang sama juga disampaikan Wali Kota kepada para Dewan Gereja yang telah melaksanakan hal yang sama dalam pencatatan terpadu perkawinan, sehingga bisa dipastikan seluruh pernikahan yang dilaksanakan di Gereja juga langsung tercatat pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

“Saya selaku Walikota Tual menitipkan harapan besar, mari kita terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Kita perpendek rentang kendali pelayanan publik, ciptakan pelayanan prima dalam bidang administrasi kependudukan. Terus berinovasi dalam memberikan pelayanan administrasi kependudukan yang membahagiakan masyarakat Kota Tual,” pungkas Wali Kota.

Editor: Labes Remetwa


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU