KPU Asmat Siap Verifikasi Faktual Keanggotaan Parpol di 23 Distrik

Pelaksanaan tahapan verifikasi faktual kepengurusan telah selesai dilaksanakan dan dilanjutkan dengan verifikasi faktual keanggotaan partai politik.


Agats, suaradamai.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Asmat menggelar rapat koordinasi (Rakor) verifikasi faktual keanggotaan partai calon peserta pemilu tahun 2024, di Aula KPU, Rabu (19/10/2022).

PLH Ketua KPU Asmat, Antoni Bassay Anakota dalam sambutannya, mengatakan bahwa pelaksanaan tahapan verifikasi faktual kepengurusan telah selesai dilaksanakan dan dilanjutkan dengan verifikasi faktual keanggotaan partai politik pada 21 Oktober mendatang.

“KPU hanya melakukan tahapan, untuk lolos atau tidak, itu kembali kepada partai politik masing-masing. Karena keputusan lolos dan tidaknya ada di tangan KPU RI, bukan KPU Kabupaten Kota atau Provinsi,” jelas Anakota.

Selain itu, Koordinator Devisi Teknis Penyelenggaraan Jufri Toatubun menjelaskan, verifikasi keanggotaan bertujuan untuk memastikan atau membuktikan kebenaran dan keabsahan status keanggotaan partai politik di 23 distrik.

“Ada tiga metode yang akan kita gunakan sesuai amanat PKPU nomor 4 tahun 2022, pasal 87 dan pasal 89. Pertama, verifikator KPU akan mendatangi langsung anggota partai yang namanya terdata dalam sipol. Kedua, ketika tidak ditemui di alamat yang bersangkutan, maka kita akan berkoordinasi dengan LO partai untuk mengumpulkan anggota yang tidak ditemui untuk dilakukan Verifikasi Faktual,” terang Jufri.

Apabila tidak ditemui juga, kata dia, maka metode selanjutnya adalah, menggunakan metode telekomunikasi via Video Call. Apabila tidak ditemukan anggota tersebut maka statusnya adalah TMS (Tidak Memenuhi Syarat).

Toatubun berharap enam partai politik yang akan dialkukan verifikasi faktual perlu bersinergi dengan menyiapkan semua bentuk dokumen keanggotaan partai.

“Kami sangat berharap kerja keras dalam hal mengumpulkan atau membuktikan status keanggotan partai politik, sehingga proses tahapan ini bisa berjalan sesuai dengan harapan,” pungkas Toatubun.

Editor: Labes Remetwa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU