Lewat Virtual, Bupati Malra Hadiri Upacara Hari Lahir Pancasila Tahun 2022

Ikuti suaradamai.com dispot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Langgur, MalukuPost.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maluku Tenggara (Malra) mengikuti peringatan upacara Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 secara nasional.

Upacara yang dipimpin langsung oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) tersebut dipusatkan di Lapangan Pancasila Ende, Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (01/06/2022).

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2022 ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan di luar Gedung Pancasila, Jakarta.

Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2022 ini pula diikuti secara virtual oleh seluruh kepala daerah (Gubernur, Bupati/Walikota).

Bupati Malra M. Thaher Hanubun didampingi Forkopimda setempat mengikuti jalannya upacara dimaksud melalui virtual.

Turut hadir pula sejumlah Kepala SKPD dan Camat.

Presiden Jokowi dalam amanatnya mengajak seluruh anak bangsa untuk membumikan Pancasila dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila.

“Dari kota Ende saya mengajak seluruh anak-anak bangsa dimana pun berada untuk bersama-sama membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi mengungkapkan, Pancasila bukan hanya mempersatukan bangsa, tapi telah menjadi bintang penuntun ketika Indonesia menghadapi tantangan dan ujian-ujian.

“Ini sudah dibuktikan berkali-kali dalam perjalanan sejarah bangsa, bahwa bangsa dan negara kita berdiri kokoh menjadi negara yang kuat karena kita sepakat untuk berlandaskan pada Pancasila,” tandasnya.

Untuk diketahui, usai peringatan upacara tersebut, Presiden Jokowi selanjutnya dianugerahi gelar tua adat oleh masyarakat Kabupaten Endeyang dilakukan di Rumah Tenun Ende.

Gelar adat yang diberikan kepada Jokow yakni, Mosolaki Ulu Beu Eko Bewa yang artinya Pemimpin Wilayah Indonesia dari Sabang Sampai Merauke.


Ikuti suaradamai.com dispot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ronald Tethool

Sosok inspiratif yang berhasil memajukan pariwisata Ngurbloat, Kepulauan Kei, Maluku.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU