Listrik Masuk Kei Besar Utara Timur, Aher Onoly: Ini Sejarah

Ikuti suaradamai.com dispot_imgspot_imgspot_imgspot_img

“Jadi sebelum listrik masuk, hati saya gelap. Tetapi setelah masuk, beta pu hati ini terang benderang. Terang juga untuk menentukan pemimpin kedepan itu siapa, yaitu MTH-PB,” ujar Anggota DPRD Malra Aher Onoly.


Langgur, suaradamai.com – Anggota DPRD Kabupaten Maluku Tenggara Aher Onoly mengapresiasi pemerintahan Muhammad Thaher Hanubun dan Petrus Beruatwarin (MTH-PB) sebagai Bupati dan Wakil Bupati, yang telah memberikan perhatian besar terhadap pembangunan di Pulau Kei Besar.

Perhatian tersebut terutama pada pembangunan kelistrikan di Kecamatan Kei Besar Utara Timur, lebih khusus di Ohoi Banda Efruan dan Banda Ui. Baru saja kemarin, Senin (8/11/2021), Bupati Maluku Tenggara meresmikan listrik desa (Lissa) 24 jam di dua ohoi tersebut.

Rasa haru dan suka cita menyelimuti acara peresmian. Masyarakat bersyukur, bernyanyi, bersorak menyambut listrik 24 jam itu.

Bagi Aher, masuknya listrik di kampung halamannya merupakan sebuah sejarah. “76 tahun 3 bulan, saya hitung, sejak Indonesia merdeka, listrik baru masuk. Tanggal 8 November kemarin merupakan sejarah,” ujar Legislator Dapil III Kei Besar itu kepada Suara Damai melalui telepon, Selasa (9/11/2021).

“Saya secara pribadi dan anak ohoi, mengucapkan banyak terima kasih kepada pemerintah daerah. Jadi sebelum listrik masuk, hati saya gelap. Tetapi setelah masuk, beta pu hati ini terang benderang. Terang juga untuk menentukan pemimpin kedepan itu siapa, yaitu MTH-PB,” ujar Aher.

Aher menilai, masuknya listrik di Kebut bisa meningkatkan perekonomian. Usaha perikanan, pertukangan, UMKM, dan lain-lain, dapat berjalan lancar dengan adanya listrik.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu berharap, pembangunan kelistrikan di Kecamatan Kei Besar Utara Timur bisa mencapai target tahun ini, yakni sampai ke Ohoi Ur. Dia juga harap, kebutuhan listrik di Pulau Kei Besar sudah bisa rampung tahun depan.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Manajer PT. PLN UP3 Tual Alex Manuhua mengatakan, penyalaan listrik desa Banda Efruan dan Banda Ui ini merupakan yang kedua kalinya dari rangkaian penyalaan Lissa di Kecamatan Kei Besar Utara Timur, yakni dari Ohoifau, Ohoifaruan, Watlar, Banda Efruan hingga Ohoi Ur.

“Setelah Banda Ui dan Banda Efruan selanjutnya secara bertahap disusul oleh Banda Suku 30, Banda Suku 80, Banda Eli, Fanwav hingga Ohoi Ur. Target kami dalam tahun ini bisa melistriki hingga Ohoi Ur,” jelas Alex.

Editor: Labes Remetwa


Rasa haru dan suka cita menyelimuti acara peresmian. Masyarakat bersyukur, bernyanyi, bersorak menyambut listrik 24 jam itu.


Baca juga:

Ikuti suaradamai.com dispot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ronald Tethool

Sosok inspiratif yang berhasil memajukan pariwisata Ngurbloat, Kepulauan Kei, Maluku.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU