Menuju Ramadhan 2023 Harga Sembako di Pasar Tual Aman

Ikuti suaradamai.com dispot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Tual, suaradamai.com – Harga sembilan bahan pokok di Pasar Kota Tual terpantau stabil menjelang Ramadhan 2023 mendatang

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Kota Tual Darmawati Amir mengatakan, saat ini ketersediaan bahan pokok memasuki bulan suci ramadhan terpenuhi.

“Kami sampaikan mejelang Alhamdulillah untuk pasokan bahan pokok di kota Tual masih aman, kita juga bersama Bapak Wakil Walikota Tual telah, melakukan pemantauan harga di pasar Tual, di beberapa gudang termasuk tempat peternakan ayam dan telur sebut Darmawati Amir

Amir menjelaskan bahwa saat ini harga beras mengalami kenaikan yang cukup signifikan, bukan di kota Tual tetapi diseluruh Indonesia mengalami hal tersebut. Disperidag Tual telah melakukan penanganan bersama pihak Bulog terkait ketersediaan beras.

Saat melakukan kunjungan di pasar para pedagang menjual beras langsung ke masyarakat dengan harga Rp. 10.000 per kilogram untuk bersa medium. Amir menambahkan saat ini sudah masuk di beberapa gudang distributor pelaku usaha, dan beras Bulog juga sudah masuk sekitar 500 ton, termasuk berapa pelaku usaha yang akan dalam Minggu ini juga akan masuk.

Kondisi yang sama juga pada minyak goreng, Amir mengaku penyediaannya sudah ada di Bulog.

“Untuk minyak goreng kita juga telah melakukan pemantauan stoknya ada di Bulog juga masih ada dan para distributor, maupun yang telah bekerjasama dengan PT BM Samudera, untuk minyak goreng isi ulang untuk kemasan Kita masih ada,” ujarnya

Dia mengungkapkan bahwa bawang merah di pasar mengalami kenaikan di karenakan keterlambatan kapal, sehingga mempengaruhi harga bawang di pasar Tual.

“Untuk jenis bawang cabai maupun sayuran situasinya akan turun jika ada kapal yang masuk, tetapi kalau kapal belum ada itu pasti akan naik. Kami juga telah meminta kepada dinas perhubungan kota Tual untuk melakukan komunikasi dengan pihak pelayaran terutama Pelni, dikarenakan kapal Pelni yang selalu membawah kebutuhan masyarakat yang ada di kota Tual maupun Maluku Tenggara, untuk saat ini ada beberapa kapal Pelni juga docking tetapi kita akan berupaya untuk membawah kebutuhan masyarakat ini bukan untuk jangka waktu lama,” ucapnya

Lanjutnya pihaknya juga akan melakukan penertiban rawan pangan, untuk memastikan bahwa selama Ramadhan tidak ada terdapat produk yang mengandung zat berbahaya seperti boraks dan formalin.

“Kita akan bekerjasama dengan dinas kesehatan Kota Tual untuk melakukan penertiban dengan bahan makanan yang pastinya akan mengandung zat yang terkandung didalamnya terdapat boraks dan formalin,” tutur Amir.


Baca juga:

Ikuti suaradamai.com dispot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ronald Tethool

Sosok inspiratif yang berhasil memajukan pariwisata Ngurbloat, Kepulauan Kei, Maluku.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU