Paripurna Penyampaian Nota Keuangan, DPRD Tual Pertanyakan Ketidakhadiran Walikota

Setelah dikabulkan oleh Ketua DPRD selaku pimpinan sidang, paripurna diskors selama 10 menit dan dimulai kembali dengan menjelaskan alasan ketidakhadiran Walikota Tual.


Tual, suaradamai.com – Sidang Paripurna dalam rangka penyampaian nota keuangan pertanggungjawaban APBD 2020 diwarnai interupsi dari beberapa anggota DPRD Kota Tual salah satunya Zainal Gainal Abidin Kabalmay.

Ketidak hadiran Walikota Tual untuk menyampaikan laporan pertanggungjawaban kepada publik, dipertanyakan anggota DPRD tersebut dengan lantang.

“Ini kesekian kalinya Walikota tidak hadir untuk menyampaikan langsung pertanggungjawaban, padahal ini adalah hal yang harus dipertanggungjawabkan kepada publik oleh kepala daerah, maka saya meminta sidang ini diskors demi mendapatkan kejelasan terkait hal tersebut,” ujar Kabalmay

Setelah dikabulkan oleh Ketua DPRD selaku pimpinan sidang, paripurna diskors selama 10 menit dan dimulai kembali dengan menjelaskan alasan ketidakhadiran Walikota Tual.

Pimpinan sidang, Hasan Syarifudin Borut menjelaskan, Walikota Tual, Adam Rahayaan tidak hadir karena baru saja mengalami efek usai divaksin tadi pagi, sedangkan wakil walikota sedang melakukan perjalanan dinas dan saat ini berada dikota ambon.

Usai menjelaskan, sidang kembali dimulai dengan agenda pembacaan nota keuangan pertanggungjawaban keuangan APBD 2020 dan penyerahan dokumen, oleh Sekda Kota Tual, Ahmad Yani Renuat kepada Ketua DPRD Tual yang disaksikan langsung oleh ke 22 anggota DPRD, Forkopimda dan tamu undangan yang hadir.

Sebelum menutup sidang paripurna, Ishak Nuhuyanan, salah satu anggota DPRD kota Tual juga menginterupsi pimpinan sidang, terkait tidak adanya gambaran anggaran refocusing.

“Saya mendengar dan melihat, tidak ada gambaran anggaran refocusing yang dikatakan saudara sekda, padahal kita harus tau secara jelas, anggaran 35 persen dari tiap SKPD itu untuk apa,” tegas Nuhuyanan.

Menjawab hal tersebut, Pimpinan sidang mengatakan untuk detail anggaran, akan dibahas lebih lanjut oleh Badan Anggaran (Banggar) dan ada pada sesi sidang pembahasan selanjutnya.

Usai ditutupnya paripurna tersebut, Sekda Kota Tual menyalami satu persatu anggota DPRD Kota Tual dan mengapresiasi kehadiran serta kritik dan saran yang diberikan dalam bentuk interupsi bagi Pemkot Tual hari ini.

Renuat meyakinkan, hal tersebut akan mendorong pihaknya lebih baik lagi kedepannya.

Edittor: Petter Letsoin


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU