Pemkot Gandeng Stekholder Bahas Percepatan Ekspor Kota Tual

Dalam rapat percepatan ekspor tersebut, telah menghasilkan tujuh poin kesepakatan yang dibacakan oleh sekda Kota Tual Ahmad Yani Renuat selaku pimpinan rapat.


Tual, suaradamai.com – Pemerintah Kota  Tual bersama Danlanal, Kepala PPN Dumar, Kepala Kantor Imigrasi, Perwakilan Polres dan Kodim serta perwakilan Polikant menggelar rapat dalam rangka percepatan ekspor ikan Kota Tual, di ruang aula kantor walikota, Senin (19/7/2021).

Kepala Dinas Perikanan Kota Tual, Salma Laisouw mengatakan, pelaksanaan rapat tersebut sebagai bentuk tindaklanjut dari hasil rapat koordinasi bersama Kemenko Marves, Kementrian Kelautan dan Perikanan, Kementrian Perhubungan, Kementrian Perindustrian, dan Kepala Bakamla, pada Kamis (13/7/2021) lalu.

Dalam rapat percepatan ekspor tersebut, telah menghasilkan tujuh poin kesepakatan yang dibacakan oleh sekda Kota Tual Ahmad Yani Renuat selaku pimpinan rapat.

Bahwa pentingnya pelaksanaan koordinasi dalam rangka percepatan kehadiran kapal penangkap ikan di Tual.

Menetapkan sekretariat tim percepatan pelaksanaan ekspor Kota Tual di PPN Dumar. Sehingga tim segera melakukan peninjauan lokasi sekretariat untuk mengisi kekurangan ruang sekretariat.

Pemerintah Kota dan atau instansi terkait dalam rangka mendorong pelaksanaan ekspor Kota Tual perlu melakukan kemudahan ijin berusaha untuk dunia usaha sebagai upaya mendukung pertumbuhan ekonomi daerah.

Pemerintah Kota Tual perlu melakukan langkah-langkah seperti memberikan subsidi atau insentif, contohnya pemberian insentif air minum kepada kapal pengangkut atau kapal lainnya yang singgah di Tual.

Selanjutnya, setiap pelaksanaan tenaga kerja dan atau untuk kapal masuk perlu dilakukan pengawasan ketat protokol kesehatan dalam rangka antisipasi penyebaran Covid-19.

Produksi dilakukan dengan memperhatikan kualitas produk. Selain itu, dilakukan perluasan produksi bukan hanya produk ikan tetapi juga produk unggulan lainnya.

Sekda Kota Tual mengatakan, pemerintah Kota Tual akan memberikan penghargaan kepada setiap instansi yang tergabung sebagai bentuk dukungan motivasi.

” Penghargaan itu sebagai ungkapan terima kasih kepada instansi yang akan membantu mendorong kegiatan ekspor di daerah ini. Hal ini akan kita kaji kedepan sehingga disipakan juga kebijakan lainnya,”tutup Renuat.

Editor: Petter Letsoin


Baca Juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU