Penghargaan API dan MI Jadi Sambutan Manis untuk Penjabat Bupati Malra

Ikuti suaradamai.com dispot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Desa Wisata Ngilngof dan Desa Wisata Isso dari Kabupaten Maluku Tenggara menyabet dua penghargaan pariwisata tingkat nasional dan tingkat Provinsi Maluku.


Langgur, suaradamai.com – Jabatan M. Thaher Hanubun dan Petrus Beruatwarin sebagai Bupati dan Wakil Bupati Maluku Tenggara (Malra) Periode 2018-2023 resmi berakhir pada 31 Oktober 2023. Jabatan Kepala Daerah dilanjutkan oleh Drs. Jasmono, M.Si.

Inspektur Daerah Provinsi Maluku itu dilantik oleh Gubernur Maluku Murad Ismail di Kantor Gubernur, Kota Ambon, Rabu (31/10/2023). Sebagai Penjabat Bupati Malra, Jasmono mengawali tugas pemerintahannya dengan sambutan yang manis.

Bagaimana tidak, sehari setelah acara pelantikan, Jasmono langsung menerima dua penghargaan pariwisata di Malam Puncak Anugerah Pesona Idonesia (API) Awards ke-8 tahun 2023.

Malam itu, Jasmono menerima satu penghargaan tingkat nasional dan satu penghargaan tingkat Provinsi Maluku.

Untuk tingkat nasional, Kabupaten Maluku Tenggara diwakili oleh Desa Wisata Ngilngof dengan program Ngurbloat Smart Tourism-nya, mendapat Juara I untuk kategori promosi pariwisata digital terbaik API Awards 2023.

Sedangkan untuk tingkat Maluku, diwakili oleh Desa Wisata Isso, juga sebagai Juara I Desa Wisata Membangun Negeri (MI) Jilid IV tahun 2023.

Ketua Badan Pengelola Destinasi Wisata Ngurbloat Ronald Tethool., Jumat (13/10/2023). Foto: Labes Remetwa
Ketua Badan Pengelola Destinasi Wisata Ngurbloat Ronald Tethool., Jumat (13/10/2023). Foto: Labes Remetwa

Sementara itu, Ketua Badan Pengelola Desa Wisata Ngilngof Ronald Tethool mengatakan, penghargaan yang didapat melalui proses proses panjang. Penghargaan ini menjadi motivasi bagi Badan Pengelola dan Pemerintah Ohoi Ngilngof untuk membangun pariwisata Ngurbloat semakin lebih baik lagi.

Tethool menambahkan, sejak 2020, pihaknya meluncurkan satu program inovasi yang pada akhirnya menjadi alasan didapatnya penghargaan tersebut. Program itu adalah Ngurbloat Smart Tourism.

Lewat program inovasi ini, Badan Pengelola Destinasi Wisata Ngurbloat mengembangkan website Ngurbloat.com, mempromosikan pariwisata lewat akun Facebook, Instagram, YouTube, dan TikTok.

Teranyar, mereka telah mengembangkan aplikasi Desa Wisata Ngilngof untuk memudahkan pengunjung berwisata di Ngurbloat. Aplikasi itu bisa diinstall di telepon pintar (smartphone) melalui Google Playstore.

Tethool mengaku beryukur atas penghargaan yang diraih. Bagi dia, prestasi ini merupakan berkat dari Tuhan untuk Ngilngof dan Kepulauan Kei.

“(Penghargaan) Ini (merupakan) tanda bukti kasih sayang Tuhan, kerahimannya, bukan cuma bagi Ngilngof tetapi untuk Kepulauan Kei,” ujar Tethool lewat sambungan telepon, Kamis (2/11/2023).

Ia mengatakan, penghargaan API Awards 2023 ini juga menjadi hadiah, sekaligus pesan bagi Penjabat Bupati Malra dalam membangun Maluku Tenggara agar lebih fokus pada sektor pariwisata.

Menurut Tethool, sektor pariwisata Kepulauan Kei, khususnya Ngurbloat, butuh perhatian serius. Kunjungan wisatawan di pantai pasir terhalus dunia ini cukup tinggi, tetapi belum didukung dengan sarana prasarana yang memadai.

Sehingga perlu ada kebijakan-kebijakan yang pro untuk pengembangan destinasi wisata pantai Ngurbloat sebagai pilot project pembangunan pariwisata di Maluku Tenggara.

“Harapan kita, beliau datang kita audiens dengan beliau. Banyak hal yang ingin kita bicarakan dengan beliau. Karena Ngurbloat ini  menjadi kekayaan bagi seluruh rakyat Maluku, khususnya Maluku Tenggara,” ujar Tethool.

“Destinasi pantai Ngurbloat sampai saat ini tetap setia membantu Pemda untuk meningkatkan PAD. Tetapi, kurang diperhatikan oleh pemerintahan ini. Oleh karena itu kami harapkan Penjabat yang baru bisa memperhatikan,” ungkap Tethool.

Editor: Labes Remetwa


Baca juga:

Ikuti suaradamai.com dispot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ronald Tethool

Sosok inspiratif yang berhasil memajukan pariwisata Ngurbloat, Kepulauan Kei, Maluku.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU