Polikant Sambut 333 Mahasiswa Baru Lewat PKKMB

PKKMB Polikant 2022 ini tidak hanya dilaksanakan di lingkungan kampus. Polikant juga bekerja sama dengan TNI Angkatan Darat untuk melakukan latihan bela negara.


Langgur, suaradamai.com – Politeknik Perikanan Negeri Tual (Polikant) menyambut 333 mahasiswa baru (Maba) dengan serangkaian kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB), Senin (29/8/2022).

PKKMB ini merupakan kegiatan awal bagi setiap Maba, yang bertujuan memperkenalkan kehidupan kampus. Kegiatan tersebut dibuka oleh Direktur Polikant Jusron A. Rahajaan, dengan tanda penyematan tanda pengenal kepada dua perwakilan peserta.

Mengusung tema “mahasiswa sehati dan sinergi menuju pribadi yang tangguh, tumbuh, dan berprestasi”, PKKMB 2022 ini tidak hanya dilaksanakan di lingkungan kampus. Polikant juga bekerja sama dengan TNI Angkatan Darat untuk melakukan latihan bela negara.

Rangkaian kegiatan diawali dengan acara pembukaan pemberian materi kepada mahasiswa baru di kampus selama tiga hari, 29-31 Agustus.

Adapun materi yang diberikan berupa: Kehidupan berbangsa, bernegara dan pembinaan kesadaran bela negara; Sistem pendidikan tinggi, kurikulum program studi dan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM); Pengenalan Jurusan, Program Studi, dan Laboratorium.

Kemudian pengembangan karakter mahasiswa sebagai intelektual dan anti kekerasan (perundungan); Perguruan tinggi di era revolusi 4.0 dan kehidupan kampus pada masa pandemi; Manajemen resiko, kesadaran lingkungan, dan kampus sehat.

Ada juga materi pengenalan nilai budaya, pencegahan tindakan asusila dan kekerasan seksual di kampus, penyalahgunaan narkoba, dan anti korupsi serta bijak dalam berkomunikasi melalui media sosial; serta materi tentang Bidang Kemahasiswaan dan Indikator Kinerja Utamanya.

Terakhir, ada sosialisasi tentang Forum Komunikasi Mahasiswa Perikanan Indonesia (FKMPI), UKM Budaya, UKM Seni, UKM Jurnalistik, UKM Karate, UKM Pramuka, UKM Olahraga, UKM Renang Selam, KMK, PMK, dan LDK.

Mahasiswa baru juga diberikan kesempatan melakukan kunjungan ke jurusan, program studi, dan laboratorium.

Setelah tiga hari di Kampus, kegiatan akan dilanjutkan di Markas Kompi Senapan (Kipan) D Yonif 734/SNS di Ibra, Kecamatan Kei Kecil, Maluku Tenggara, juga selama tiga hari 1-3 September. Di sana, mahasiswa Polikant akan digembleng dengan latihan bela negara.

“Kegiatannya akan ada pengetahuan berupa wawasan kebangsaan, bela negara. Kemudian ada outbond, pskilogi lapangan, tambahan praktek terkait dengan mental, praktek navigasi, dan lain-lain yang cukup banyak,” ungkap Dandim 1503/Tual Letkol. Inf. Arfa Yudha Prasetya kepada Suaradamai.com usai acara pembukaan PKKMB.

Editor: Labes Remetwa


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU

error: Konten dilindungi!