Reses, Ulukyanan Serap Aspirasi Petani Rumput Laut Di Pulau Hoat

“Tentu, hal itu, selain menunjang aktifitas mereka, juga dapat meningkatkan produktifitas budidaya,” jelas Ulukyanan.


Langgur, suaradamai.com – Anggota DPRD Kabupaten Maluku Tenggara dari fraksi Demokrat, Thomas Ulukyanan, menggunakan masa sidang III reses, untuk menyerap aspirasi masyarakat.

Setelah melakukan reses di beberapa titik, Ulukyanan kembali menyasar warga pelosok yang berada di pulau Hoat dan Nai untuk mendengar langsung aspirasi petani rumput laut.

Reses di pulau pulau ini, pertama kali dilakukan oleh Anggota DPRD Maluku tenggara maupun lainnya, sehingga petani rumput sangat antusias.

Kunjungan reses ini bukan tanpa alasan, sebagai wakil rakyat, Ulukyanan perlu mengetahui masalah yang dihadapi, karena pulau Hoat dan Nai telah dijadikan klaster pengembangan seaweed estate (kampung rumput laut).

“Mayoritas warga di pulau tersebut berasal dari Debut yang merupakan bagian dari wilayah reses saya. Sehingga mereka perlu untuk didengar,” jelas Thomas.

Thomas menuturkan, sebanyak 6 usulan yang disampaikan petani rumput laut, diantaranya, sarana pendukung seperti speed boat dan lampu solar cell.

Selain itu, petani rumput laut meminta perlengkapan budidaya seperti tali dan pelampung.

“Tentu, hal itu, selain menunjang aktifitas mereka, juga dapat meningkatkan produktifitas budidaya,” jelas Ulukyanan.

Tidak hanya itu, Warga Pulau Hoat dan Nai juga meminta pemerintah untuk melihat, dan menganalisa potensi konflik sosial, akibat perebutan lokasi budidaya, mengingat akan terjadi banjir tenaga kerja yang masuk pada wilayah tersebut.

“Maluku Tenggara akan menjadi centra industri sehingga akan menyerap banyak tenaga kerja. Hal itu memang penting, sehingga kepala ratschap harus membuat peraturan adat atau ratschap untuk melindungi hak-hak ulayat. Saya akan menyampaikan ini kepada pemerintah untuk melihat persoalan ini,” jelas Ulukyanan.

Dalam reses tersebut, Legislator Thomas didpingi Kabag hukum DPRD, Gerson Rumheng, staf Komisi III, Nathan Warbal dan Staf Fraksi Komisi, Arens Ulukyanan.

Editor: Petter Letsoin


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU