Selasa, Januari 19, 2021

Sepakat dengan Polikant, DPRD Dorong Pembentukan Perda tentang Penggunaan Pasir

Menurut Albert, memang harus ada regulasi sebagai payung hukum agar penambang pasir tidak semena-mena dalam mengambil pasir.


Langgur, suaradamai.com – Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Maluku Tenggara Albert Efruan sepakat dengan Politeknik Perikanan Negeri Tual (Polikant) untuk dibuat sebuah peraturan daerah tentang penggunaan pasir.

“Setelah kita melihat perkembangan terakhir, pasir kita semakin menipis akibat dari masyarakat yang melakukan penambangan pasir dengan menyedot pasir di laut, dan juga di pesisir pantai. Ini akan berdampak pada ekosisitem laut,” kata Albert menjelaskan kondisi saat ini kepada reporter suaradamai.com di kediamannya belum lama ini.

Menurut Albert, memang harus ada regulasi sebagai payung hukum agar penambang pasir tidak semena-mena dalam mengambil pasir, sehingga tidak merusak ekosistem.

“Kita sepakat (adanya Perda tentang penggunaan pasir), karena memang kita tahu persis bahwa leading sector kita perikanan dan pariwisata,” katanya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Dosen Prodi Agrowisata Bahari Polikant Melisa Renyaan, mengusulkan kepada pemerintah daerah agar melakukan sebuah penelitian terlebih dahulu, terkait ketersediaan pasir di Maluku Tenggara.

Dari hasil penelitian tersebut, kemudian dapat digunakan sebagai acuan dalam menyusun peraturan daerah.

Albert juga sepakat. Menurutnya itu merupakan pemikiran yang luar biasa.

Usulan Polikant ini, lanjut Politisi Partai Gerindra itu, akan ditampung untuk dimasukkan dalam rancangan Perda inisiatif oleh DPRD atau dari masyarakat. Selanjutnya, akan disampaikan pada agenda penetapan Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) di tahun depan.

Untuk diketahui, penetapan Propemperda sudah harus dilakukan sebelum penetapan APBD di bulan Oktober. Usulan dari Polikant ini baru diketahui pada bulan Desember. Sehingga penetapannya diupayakan dilakukan tahun depan.

Editor: Labes Remetwa


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

ARTIKEL TERPOPULER

Tharob: Varietas Bawang Merah Tajuk Lebih Baik dan Cocok di Kei

Bawang merah varietas tajuk yang diproduksi di Kei memiliki ciri yang sama seperti di Nganjuk, Jawa Timur. Langgur, suaradamai.com...

Jalan Trans Pulau Kei Besar Resmi Jadi Proyek Prioritas Nasional

Selamat untuk seluruh masyarakat Maluku Tenggara. Kita tatap Maluku Tenggara yang lebih baik. Langgur/Jakarta, suaradamai.com – Kabar baik bagi...

Kerajinan Tangan Warga Ohoiren Perlu Inovasi

Kerajinan tangan lokal mulai mengalami kemunduran karena tidak ada inovasi. Langgur, suaradamai.com – Industri kreatif seperti kerajinan tangan...

Pemkot Tual Pulangkan 254 Pelaku Karantina: Terbanyak Mahasiswa

Wali Kota memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menasihati pelaku karantina yang sebagian besar adalah pelajar mahasiswa.

KOMENTAR TERBARU

× Ada yang bisa dibantu?