Setelah Pecat Empat ASN, Walikota Tual: Ada Lagi yang Nanti Dipecat

Pemecatan empat ASN itu sempat mendapat kritikan. Kritikan pedas tersebut dilontarkan dengan tudingan bahwa Wali Kota menyasar lawan politiknya.


Langgur, suaradamai.com – Wali Kota Tual Adam Rahayaan mengatakan bahwa pihaknya akan memecat lagi Aparatur Sipil Negara (ASN) secara tidak dengan hormat.

Hal tersebut disampaikan Wali Kota kepada wartawan usai menghadiri pengukuhan Gubernur Maluku Murad Ismail sebagai “Vis Bad”, di Ohoi Danar, Kecamatan Kei Kecil Timur Selatan, Kabupaten Maluku Tenggara, pada Jumat (22/7/2022) lalu.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Wali Kota memecat empat ASN secara tidak dengan hormat. Pemecatan dilakukan terhadap pegawai yang tidak menjalankan tugas belajar dan mangkir dari tugas.

“Ada lagi nanti (yang dipecat), sementara diproses dan itu ada BAP-nya. Jadi bukan serta merta karena kepala daerah dengan kewenangannya, lalu mau pecat orang, bukan begitu. Mekanismenya jalan, pemeriksaan jalan,” tegas Wali Kota.

Pemecatan empat ASN itu sempat mendapat kritikan. Kritikan pedas tersebut dilontarkan dengan tudingan bahwa Wali Kota menyasar lawan politiknya.

Wali Kota Adam Rahayaan membantah hal tersebut. Ia menyebut tuduhan itu tak berdasar, karena menurut dia pemecatan keempat ASN ini sudah melalui kajian dan proses yang normatif.

“Itu wacana, masa orang meninggalkan tugas bertahun-tahun dibiarkan begitu, lalu ada yang dapat tugas belajar dengan biaya dari APBD, setelah dikroscek, kami monitoring di sana, tidak terdaftar sebagai mahasiswa, jadi apa dendamnya? tidak ada dendam, itu normatif saja, sesuai aturan,” tegas Wali Kota.

Rahayaan berharap, dengan menegakkan aturan, para ASN dapat lebih bertanggung jawab menjalankan tugas dan tidak melakukan hal yang merugikan diri sendiri, hingga berujung pada pemecatan.

Editor: Labes Remetwa


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU