Tingkatkan PAD Sektor Pajak, Bapenda Tual Tambah Karyawan dan Fasilitas

Pajak restoran di Tual merupakan salah satu mata pajak yang naik drastis.


Tual, suaradamai.com – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Tual menambah jumlah karyawan dan fasilitas penunjang pemungutan pajak, smart register.

Langkah itu dilakukan sebagai upaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui sektor pajak.

Kepala Bapenda Tual Rudi Bugis menjelaskan, salah satu kendala dalam menagih dan mengawasi pembayaran pajak adalah kekurangan karyawan atau Sumber Daya Manusia (SDM).

Sebab itu, pada tahun ini, pihaknya menambah 10 karyawan tenaga honorer. Walaupun jumlah itu belum mampu menjawab masalah, setidaknya sudah cukup membantu.

Upaya yang kedua adalah menggunakan alat smart register. Pemkot Tual belajar dari tentangganya, Kabupaten Maluku Tenggara, yang berhasil meningkatkan PAD dengan alat tersebut. Smart register terbukti efektif dalam memungut pajak, terutama pajak restoran.

Rudi mengatakan pajak restoran merupakan salah satu mata pajak yang naik drastis. Sebelum menjabat, pajak ini hanya mencapai Rp150 juta per tahun. Namun, ketika ia menjabat pada awal 2020, kini penerimaan Pajak Restoran mencapai lebih dari Rp1 miliar.

Hal itu dapat terjadi karena Bapenda dibantu dengan alat tersebut. Pada tahun 2021, Bapenda mengadakan 20 unit smart register dan 15 unit pada 2022. Sekarang total ada 35 unit yang tersebar di rumah makan di Tual.

“Khusus untuk warung yang menggunakan smart register, (pendapatan) naik cukup signifikan,” jelas Rudi.

Untuk diketahui, penerimaan pajak di Tual per 14 Juli 2022 sudah mencapai Rp2,18 miliar atau 64,70 persen dari target Rp6,46 miliar.

Pendapatan tersebut diperoleh dari delapan mata pajak dan satu jenis retribusi, yaitu Pajak Hotel, Pajak Hiburan, Pajak Restoran/Rumah Makan/dan sejenisnya, Pajak Reklame, Pajak Penerangan Jalan (PPJ), Pajak Bumi dan Bangunan Perkotaan dan Perdesaan (PBBP2), Pajak Biaya Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHATB), Pajak Mineral Bukan Logam dan Bantuan, dan Retribusi Sampah Usaha.

Khusus untuk Pajak Restoran yang merupakan potensi sumber pendapatan terbesar kedua di Tual, Bapenda memasang target sebesar Rp1,3 miliar. Kini realisasi atau yang berhasil ditagih mencapai Rp563 juta.

Editor: Labes Remetwa


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU