Senin, Januari 18, 2021

2021, Dinas Pertanian Kota Tual Targetkan Penanaman 50 Hektar Padi

Maret lalu, di Desa Fiditan, sudah dipanen kurang lebih 4 – 5 ton beras.


Tual, suaradamai.com – Pemerintah Kota Tual mendapatkan bantuan dana segar dari pemerintah pusat untuk program ketersediaan pangan. Nantinya, melalui APBN 2021, Kota Tual mendapatkan bantuan penanaman 50 Hektar untuk tanaman padi.

Padi merupakan salah satu pangan yang telah dihasilkan oleh Kota Tual walaupun belum dalam skala besar. Saat ini, penanaman padi merupakan usaha dari masyarakat sendiri. Padi tesebut sebelumnya ditanam pada Januari di Desa Fiditan sekitar 1 hektar melalui kerja sama dengan Dinas Pertanian Kota Tual untuk menyediakan sarana pendukung seperti traktor untuk mengelola tanah.

Hasilnya, pada Maret lalu, sudah dipanen kurang lebih 4 – 5 ton beras dan cukup untuk konsumsi pribadi saja.

“Dari APBN 2021, Dinas Pertanian Kota Tual mendapatkan beberapa bantuan yaitu bawang merah, cabe, dan padi,” jelas Kepala Dinas Pertanian Kota Tual Irene Ngabalin kepada suaradamai.com di ruang kerjanya, (11/11/2020).

Melalui APBD 2021, sambungnya, ditargetkan akan melakukan beberapa program yaitu peternakan sapi, kambing, dan juga di bidang perkebunan akan dibuat perkebunan kelapa.

Khusus untuk Padi, akan ditanaman pada beberapa desa yaitu seputaran danau Ablel, Ngadi dan Taar. “Padi membutuhkan sumber air untuk irigasi, dan tidak semua lokasi bisa tanam padi,” paparnya.

Irene menambahkan, melihat situasi dan hasil dari penanaman padi jika sudah bisa diproduksi untuk dipasarkan secara luas maka akan disiapkan nama untuk hasil produk beras tersebut. “Kita lihat hasilnya nanti bagaimana, ditanam pertama capai 50 hektar atau tanam musim berikutnya kalo hasilnya bagus kita siapkan nama produk dan kemasannya juga,” timpalnya.

Editor: Labes Remetwa


Dari APBN 2021, Dinas Pertanian Kota Tual mendapatkan beberapa bantuan yaitu bawang merah, cabe, dan padi.


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

ARTIKEL TERPOPULER

Tharob: Varietas Bawang Merah Tajuk Lebih Baik dan Cocok di Kei

Bawang merah varietas tajuk yang diproduksi di Kei memiliki ciri yang sama seperti di Nganjuk, Jawa Timur. Langgur, suaradamai.com...

Jalan Trans Pulau Kei Besar Resmi Jadi Proyek Prioritas Nasional

Selamat untuk seluruh masyarakat Maluku Tenggara. Kita tatap Maluku Tenggara yang lebih baik. Langgur/Jakarta, suaradamai.com – Kabar baik bagi...

Kerajinan Tangan Warga Ohoiren Perlu Inovasi

Kerajinan tangan lokal mulai mengalami kemunduran karena tidak ada inovasi. Langgur, suaradamai.com – Industri kreatif seperti kerajinan tangan...

Pemkot Tual Pulangkan 254 Pelaku Karantina: Terbanyak Mahasiswa

Wali Kota memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menasihati pelaku karantina yang sebagian besar adalah pelajar mahasiswa.

KOMENTAR TERBARU

× Ada yang bisa dibantu?