Rabu, Oktober 28, 2020

NasDem Malra Optimis Menangkan Pileg dan Pilkada Mendatang

“Kedepan NasDem harus jadi pemenang. NasDem harus memimpin di daerah ini. NasDem punya Bupati, bukan Wakil Bupati,” ujar Andre dalam sambutannya.


Langgur, suaradamai.com – Ketua DPD NasDem Kabupaten Maluku Tenggara Periode 2020-2024 Anderias Rentanubun, optimis dalam kepemimpinannya akan memenangkan Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Kepala Daerah (Pileg dan Pilkada) Malra mendatang.

“Apakah saudara-saudara berkeyakinan bahwa Partai NasDem akan memenangkan Pileg kedepan? … Siap untuk memenangkan? … Apakah saudara-saudara siap untuk memenangkan Pilkada nanti?” tanya Andre dan dijawab teriakan “siap” dari para kader pada acara Serah Terima Jabatan Ketua DPD dan Rapat Kerja Daerah ke-2 DPD NasDem Malra yang digelar di Ballroom Aurelia Kimson Centre, Sabtu (17/10/2020).

Mantan Bupati Malra dua periode itu berharap, mesin partai dapat bekerja dengan maksimal, saling keterbukaan dan memberi masukkan untuk membawa perubahan di Maluku Tenggara. “Tim harus bekerja … Mari kita bersama-sama, sekecil apapun upaya yang kita buat, upaya yang kita laksanakan, adalah kekuatan yang akan membangun sesuatu yang besar,” ujar Andre.

Sebelumnya, dalam laporan Ketua DPD NasDem Periode 2014-2019 Antonius Watratan, melaporkan bahwa keanggotaan NasDem Malra berdasarkan KTA sejak tahun 2014-2016 berjumlah 3.864 orang yang tersebar di 11 kecamatan dan 192 ohoi dengan latar belakang perkerjaan yang terdiri dari pengusaha, wiraswasta, petani, nelayan, mahasiswa, dan pekerja lainnya.

Dalam menjalankan roda organisasi, lanjut Tony, NasDem didukung oleh sayap partai yang berfungsi untuk menjaring ragam kalangan masyarakat sesuai dengan minat, aktivitas, dan perhatiannya. DPD NasDem Malra memiliki dua sayap partai yakni Garnita Malahayati NasDem dan Garda Pemuda NasDem dan memiliki satu lembaga pendidikan partai yaitu Akademi Bela Negara Partai NasDem. “Sudah memiliki satu lulusan atas nama Nelso Labetubun,” kata Tony.

Tony menambahkan, DPD NasDem Malra memiliki 24 pengurus yang terdiri dari laki-laki 16 orang dan perempuan delapan orang. Pengurus DPC ada di 11 kecamatan dan memiliki 88 pengurus. Dan pengurus DPRT ada di 192 ohoi dan memiliki 576 pengurus. “Semuanya aktif,” jelas Tony.

Laporan Kepemiluan NasDem Malra

Pada pemilihan legislatif DPRD Malra pada tahun 2014, dari Dapil 1, Partai NasDem memperoleh 3.985 suara dan mendapat dua kursi, atas nama Antonius Renyaan dan Paskalina Elmas. Dapil 2 dengan jumlah suara 4.298 memperoleh dua kursi, atas nama Thadeus Antonius Welerubun dan Heatubun Welly. Dapil 3 memperoleh suara sebanyak 1.045 suara dengan perolehan satu kursi, atas nama Robert Renyaan. Di akhir masa jabatannya (satu tahun terakhir) Robert di-PAW karena mengundurkan diri dan digantikan oleh Joachim Ohoira.

Untuk DPRD Provinsi Maluku, perolehan suara sebesar 6.250. Maluku Tenggara berhasil mengusung satu kursi, atas nama Yustina Renyaan. Sedangkan untuk DPR RI dari Maluku Tenggara sebesar 7.444 suara, tetapi pada saat itu Partai NasDem Maluku belum berhasil melangkah ke Senayan.

Pada Pileg DPRD Malra pada tahun 2019, dari Dapil 1, Partai NasDem mendapat satu kursi dengan jumlah suara 1.255 suara, atas nama Antonius Renyaan. Dapil 2 sebanyak 2.136, satu kursi, atas nama Lodefika Ohoiulun. Dapil 3 Malra, NasDem memperoleh suara 1.531 dengan satu kursi, atas nama Paskalina Elmas.

Untuk DPRD Provinsi, NasDem memperoleh 8.261 suara dan kembali mengusung satu kursi ke DPRD Provinsi Maluku, atas nama Yustina Renyaan. Untuk DPR RI, Maluku Tenggara mengumpulkan 8.772 suara. NasDem Provinsi Maluku berhasil mengusung satu kursi ke DPR RI, atas nama Abdullah Tuasikal.

Editor: Labes Remetwa


NasDem Malra berhasil mempertahankan satu fraksi utuh di DPRD Maluku Tenggara sejak tahun 2014 sampai sekarang.

Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

ARTIKEL TERPOPULER

Pemkot Tual Pulangkan 254 Pelaku Karantina: Terbanyak Mahasiswa

Wali Kota memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menasihati pelaku karantina yang sebagian besar adalah pelajar mahasiswa.

Jalan Trans Pulau Kei Besar Resmi Jadi Proyek Prioritas Nasional

Selamat untuk seluruh masyarakat Maluku Tenggara. Kita tatap Maluku Tenggara yang lebih baik. Langgur/Jakarta, suaradamai.com – Kabar baik bagi...

Tharob: Varietas Bawang Merah Tajuk Lebih Baik dan Cocok di Kei

Bawang merah varietas tajuk yang diproduksi di Kei memiliki ciri yang sama seperti di Nganjuk, Jawa Timur. Langgur, suaradamai.com...

Kerajinan Tangan Warga Ohoiren Perlu Inovasi

Kerajinan tangan lokal mulai mengalami kemunduran karena tidak ada inovasi. Langgur, suaradamai.com – Industri kreatif seperti kerajinan tangan...

KOMENTAR TERBARU