Sabtu, April 4, 2020
Update Covid

Update CovidMaluku

Perkembangan terkini virus corona di Provinsi Maluku

Beranda Budaya Obat (Aroan) Evav: Lefitar Roan

Obat (Aroan) Evav: Lefitar Roan

Langgur, suaradamai.com – Waktu masih kecil mama saya kadang-kadang sajikan sayur daun lefitar, resep mama sederhana, cili, garam, santan kelapa, itu sudah cukup. Apa adanya sayur daun lefitar mamaku saji dan kami makan dengan lahap. Hehehe… ya enak saja… memang terasa agak pahit, tetapi unik juga aromanya.

Suatu ketika saya terserang sakit mag, bapa saya bilang ambil pucuk daun lefitar lalu hirup saja aromanya. Tetapi saya tidak pernah mencoba untuk menggunakannya. Beberapa waktu lalu, teman saya namanya Pak Tom, secara kebetulan memberitahukan kepada teman saya yang juga menderita sakit mag tentang manfaat dari daun lefitar untuk mengobati sakit maag.

“Cukup satu kali makan saja, pasti sembuh,” ujar Pak Tom sangat meyakinkan. Seketika terdengar suara yang lain kira-kira 3 meter dari tempat duduk kami, seseorang bersaksi.

“Pak Tom sudah beritahukan kepada saya, saya sudah makan satu kali, maag saya pergi dan tidak kembali lagi. Padahal maag saya sudah kronis,” ungkap bapak berbaju dinas itu dengan wajah seius.

“Juga untuk luka baru, sobekan benda tajam,” sambung Pak Tom.

Saya terperanjat, wow, bapaku sudah pernah beritahukan kepada saya tentang obat ini. Saya harus mencoba.

Suatu hari tangan saya terkena goresan pisau cutter, luka agak dalam, tersobek 5 mm. Saya kunya daun lefitar, lalu saya letakan di atas sobekan itu. Setelah 5 menit ampas daun lefitar penuh dengan darah lalu saya buang. Saya tutup luka dengan tangan dan kemudian saya plester. Heran juga, darah tidak keluar lagi. Besoknya 3 hari kemudian tangan saya sembuh, sobekan tertutup seperti biasa. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

ARTIKEL TERPOPULER

Tinjau Tes CPNS, Bupati Malra: Cerdas Tapi Harus Teliti

“Cerdas tapi harus teliti dan kosentrasi dengan soal-soal yang ada. Sandarkanlah diri pada Tuhan,” ujar Bupati Malra M. Thaher Hanubun.

Tahun 2021, Warga Ohoi Wermaf Miliki Rumah Layak Huni

Pemerintah Ohoi (Desa) Wermaf tidak tanggung-tanggung mengalokasikan anggaran jumbo untuk rehab rumah warga. Elat,...

Inilah Hasil SKD CPNS Malra, Hari Ketiga

111 orang dinyatakan memenuhi passing grade. Langgur, suaradamai.com –  Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) bagi Calon Pegawai Negeri Sipil  di lingkungan...

HUT Sekami Sedunia: Kerumunan yang Membawa Sukacita

Bupati Malra Muhammad Thaher Hanubun merasa bahagia layaknya seorang ayah yang disambut anak-anaknya di rumah usai pekerjaan yang melelahkan. Di balik itu,...

KOMENTAR TERBARU