Sabtu, April 4, 2020
Update Covid

Update CovidMaluku

Perkembangan terkini virus corona di Provinsi Maluku

Beranda Ekonomi & Pembangunan Pelabuhan Elat Masuk Trayek ‘Tol Laut’

Pelabuhan Elat Masuk Trayek ‘Tol Laut’

Pelabuhan Elat telah memenuhi standar kelayakan pelabuhan singgah Tol Laut.


Langgur, suaradamai.com – Tahun ini menjadi tahun penuh berkat bagi masyarakat Pulau Kei Besar, Kabupaten Maluku Tenggara. Kebahagiaan masyarakat Kei Besar di awal tahun ini terlihat dengan adanya penetapan pemerintah pusat untuk memasukan sejumlah proyek nasional yang akan dikerjakan di daerah tersebut.

Belum habis kebahagiaan, kini kabar gembira kembali menghampiri dengan telah ditetapkan Pelabuhan Elat, Kecamatan Kei Besar, Kabupaten Maluku Tenggara, sebagai salah satu trayek ‘Tol Laut’ di kawasan Timur Indonesia. 

“Pada tahun 2020 ini, Pelabuhan Elat masuk daftar penambahan Kementerian Perhubungan RI untuk dijadikan pelabuhan singgah ‘Tol Laut’,” ungkap Kasubag Perencanaan Evaluasi dan Pelaporan Dinas Perhubungan Provinsi Maluku, Andreas Widya Kusuma saat ditemui wartawan, di sela-sela Rakor OPD Perhubungan Provinsi Maluku yang berlangsung di Ballroom Grand Villia Langgur, Senin (24/2/20).

Widya mengaku, pihaknya telah dikonfirmasi bahwa Surat Keputusan Kemehub RI terkait izin operasi trayek ‘Tol Laut’ di Pelabuhan Elat telah ada. Hanya saja, belum bisa memastikan jadwal trayek ‘Tol Laut’ mulai beroperasi.

“Kami terus berkordinasi dengan UPT Syabandar KUPP Tual dan Kepala Dinas Perhubungan Malra. Tapi memang sampai sekarang ‘Tol Laut’ belum sandar. Entah apa masalahnya, Mungkin masih ada proses pelelangan ataukah sudah selesai, kami juga belum dapat laporan terkait hal itu,” urainya.

Widya menyebut, beberapa wilayah di Maluku telah disinggahi ‘Tol Laut’, salah satunya Pelabuhan Yos Soedarso Dobo (Kepulauan Aru). Kini, pelabuhan Elat telah memenuhi standar kelayakan pelabuhan singgah Tol Laut.  Acuan standar dilihat dari dimensi panjang pelabuhan Elat yang berkisar 70 meter.

“Kalau beta (saya) lihat, sudah memungkinkan. Ada kapal-kapal perintis lain dengan ukuran hampir sama dengan kapal jenis Tol Laut. GT ‘Tol Laut’ yang direncanakan masuk ini pun tidak jauh beda dengan kapal Perintis yang masuk di Elat,” sebutnya. (gerryngamel/tarsissarkol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

ARTIKEL TERPOPULER

Tinjau Tes CPNS, Bupati Malra: Cerdas Tapi Harus Teliti

“Cerdas tapi harus teliti dan kosentrasi dengan soal-soal yang ada. Sandarkanlah diri pada Tuhan,” ujar Bupati Malra M. Thaher Hanubun.

Tahun 2021, Warga Ohoi Wermaf Miliki Rumah Layak Huni

Pemerintah Ohoi (Desa) Wermaf tidak tanggung-tanggung mengalokasikan anggaran jumbo untuk rehab rumah warga. Elat,...

Inilah Hasil SKD CPNS Malra, Hari Ketiga

111 orang dinyatakan memenuhi passing grade. Langgur, suaradamai.com –  Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) bagi Calon Pegawai Negeri Sipil  di lingkungan...

HUT Sekami Sedunia: Kerumunan yang Membawa Sukacita

Bupati Malra Muhammad Thaher Hanubun merasa bahagia layaknya seorang ayah yang disambut anak-anaknya di rumah usai pekerjaan yang melelahkan. Di balik itu,...

KOMENTAR TERBARU