Persiapan Relokasi Pedagang, Pemkot Tual Sosialisasi Pembangunan Pasar Rakyat Modern

Pemerintah Kota Tual (Pemkot) Tual akan merevitalisasi Pasar Tradisional Tual menjadi Pasar Rakyat Modern.


Tual, suaradamai.com – Pemerintah Kota Tual (Pemkot) Tual akan merevitalisasi Pasar Tradisional Tual menjadi Pasar Rakyat Modern pada Januari 2023 mendatang.

Dalam rangka memperlancar proses pembangunan pasar yang dibiayai oleh Dana Insentif Daerah (DID) itu, maka aktivitas jual-beli di Pasar Tual akan dihentikan sementara. Para pedagang bakal direlokasi ke Pasar Un dan halaman Pelabuhan Feri Tual.

“Per Januari 2023 mendatang, Pasar Tual yang dulunya adalah pasar rakyat tradisional akan dibangun menjadi pasar yang lebih modern,” ungkap Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Tual Darnawati Amir, belum lama ini.

Pemkot Tual, lanjut Darnawati, kini gencar melakukan sosialisasi terkait pembangunan pasar tersebut dan juga relokasi pedagang.

“Kami sudah bertemu dengan para pedagang, mensosialisasikan dan mendengarkan apa yang mereka inginkan. Terkait relokasi, pedagang sudah setuju, dengan syarat tidak akan merugikan mereka saat pindah lokasi berjualan nanti. Sedangkan untuk para pedagang ikan meminta lokasi pemindahan harus dekat laut, karena berhubungan dengan komoditi yang dijual, maka kami sudah setuju akan hal itu,” terang Darnawati.

Ia menambahkan, Pasar Un akan difungsikan untuk pedagang sayur, sembako, dan pakaian. Sedangkan untuk pedagang ikan dan daging, akan direlokasi di halaman Pelabuhan Feri Kota Tual.

Darnawati berharap, proses relokasi nantinya akan berjalan lancar, agar segera bisa dilakukan pengerjaan pasar rakyat modern.

“Kami harap semua ini akan berjalan lancar. Pada intinya, semua ini akan membawa dampak positif bagi warga masyarakat dan pedagang. Kami akan siapkan pasar baru yang modern untuk tempat jual-beli, agar tidak ada lagi penjual yang menempati badan jalan,” pungkas Darnawati.

Editor: Labes Remetwa


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU