Wakapolda Maluku Resmikan Mako Polres baru Maluku Tenggara

Polres baru di Langgur ini merupakan pecahan Polres Tual yang sebelumnya bernama Polres Maluku Tenggara, yang berkedudukan di Tual.


Langgur, suaradamai.com – Wakapolda Maluku Brigjen. Pol. Jan Leonard de Fretes meresmikan Markas Komando (Mako) Polres baru Maluku Tenggara (Malra), yang berkedudukan di Langgur. Tepatnya di Jalan Kabupaten, Langgur, Kecamatan Kei Kecil. Kamis (25/8/2022).

Polres baru ini merupakan pecahan Polres Tual yang sebelumnya bernama Polres Maluku Tenggara.

Penggunaan nama Maluku Tenggara pada Polres sudah dipakai sejak 1951. Awalnya ada empat Polres. Termasuk di dalamnya adalah Polres Malra yang berkedudukan di Jalan Taar Atas, Kelurahan Ketsoblak, Kecamatan Dullah Selatan, Kota Tual.

Seiring berjalannya waktu, nomenklatur Polres Malra diubah menjadi Polres Tual melalui SK Kapolri tertanggal 29 September 2020. Kemudian pada awal 2022, barulah dibentuk Polres baru yang berkedudukan di Langgur, dengan kembali menggunakan nomenklatur Maluku Tenggara.

Acara peresmian Mako Polres baru tersebut diawali dengan apel yang dipimpin langsung oleh Wakapolda Maluku Brigjen. Pol. Jan Leonard de Fretes. Pada kesempatan itu, Wakapolda menyampaikan amanat Kapolda dan menyerahkan dokumen pembentukan Polres Malra kepada Kapolres AKBP Frans Duma.

Usai apel, acara dilanjutkan dengan penekanan tombol sirene sebagai tanda peresmian Mako Polres baru Maluku Tenggara, oleh Wakapolda, Bupati Malra, dan Kapolres Malra.

Untuk diketahui, gedung Mako Polres ini merupakan bangunan yang dipinjam-pakaikan oleh Pemkab Malra. Polres Malra sendiri masih mengusahakan pembangunan gedungnya di lahan seluas 4,9 ha yang juga dihibahkan oleh Pemkab Maluku Tenggara. Tepatnya di dekat kawasan kantor Bupati saat ini.

Dalam laporannya pada acara seremonial, Kapolres AKBP Frans Duma melaporkan kondisi Polres Malra. Menurut dia, selain meminjamkan gedung untuk Mako Polres, Pemkab Malra juga menghibahkan sejumlah fasilitas seperti meubeler sebanyak 57 unit, komputer 5 unit, printer 5 unit, kursi besi 3 unit, kursi sofa 2 unit, dan AC 1 PK 2 unit.

Kapolres Duma juga memaparkan kondisi dan kebutuhan personil Polres. Menurut dia, personil Polres Malra kini berjumlah 153 anggota. Terdiri atas 79 personil bertugas di Mako dan 74 anggota di enam Polsek jajaran (Polsek Kei Kecil, Kei Kecil Timur, Kei Kecil Barat, Kei Besar, Kei Besar Selatan, dan Kei Besar Utara Timur).

Polres Malra masih membutuhkan sekitar 387 personil untuk memenuhi kebutuhan 540 personil.

Terkait jumlah personil ini, Wakapolda Maluku Brigjen. Pol. Jan Leonard de Fretes mengatakan pihaknya secara berkala akan menambah jumlah personil dari waktu ke waktu. Bagi dia, ini sudah merupakan konsekuensi pembentukan Polres yang baru.

Editor: Labes Remetwa


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU