Akademisi Minta Dinas Perikanan Tual-Malra Tingkatkan Program Ekonomi Kerakyatan

Sumber daya laut sangat banyak, tetapi belum banyak yang kelola atau belum kelola dengan baik.


Langgur, suaradamai.com – Dosen Politeknik Perikanan Negeri Tual Moses Tjoanda menilai, perkembangan budidaya perikanan di Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara mulai bertumbuh dengan baik di beberapa desa/ohoi yang menjadi sentra produksi.

Meski begitu, kata dia, kondisi yang ada belum cukup, mengingat Tual dan Malra adalah daerah kepulauan yang memiliki potensi perikanan sangat besar. Dia harap, Dinas Perikanan mampu memberdayakan desa lain untuk mengelola suber daya laut.

“Kita melihat bahwa, hanya tertumpuh pada beberapa desa yang sentra puri, dan lain. Ada desa lain yang punya potensi perikanan yang sama, tetapi belum dikembangkan secara baik,” kata Moses kepada Suara Damai di ruang kerjanya, Selasa (20/4/2021).

Ketua Program Studi Manajemen Rekayasa Budidaya Laut itu mengatakan, Dinas Perikanan bisa berkreasi. Hampir semua potensi perikanan di Tual dan Malra, lanjut dia, bisa dibudidaya dan bermanfaat bagi kesejahteraan rakyat.

“Peran dinas perlu ditingkatkan untuk menjangkau desa-desa yang sebelumnya kita tidak melihat aktivitas, bisa ditimbulkan. Sehingga ada dampak baru dan menimbulkan lapangan pekerjaan baru,” kata dia.

Terkait lapangan pekerjaan ini, menurut Moses, kecenderungan masyarakat sekarang yang setelah tamat sekolah belum melirik usaha perikanan, tetapi jadi ojek, misalnya. Padahal sumber daya laut sangat banyak. Dan belum banyak yang kelola.

Sebab itu, dia meminta Dinas Perikanan agar berkoordinasi dengan penduduk atau pihak desa, melakukan pendampingan, memanfaatkan lahan tidur untuk mengembangkan usaha.

Tidak sebatas itu, Moses harap Dinas Perikanan memperketat pengawasan terhadap bantuan yang disalurkan. Dengan begitu, usaha perikanan tetap berjalan.

Editor: Labes Remetwa


Hampir semua potensi perikanan di Tual dan Malra, kata Moses, bisa dibudidayakan dan bermanfaat bagi kesejahteraan rakyat.


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU