Pariwisata Ngilngof & Ngurbloat: Tiga Tahun Raih 10 Penghargaan Nasional hingga Internasional

Ikuti suaradamai.com dispot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pada tahun 2021, Desa Wisata Ngilngof dan destinasi wisata andalannya, Pantai Ngurbloat, meraih tujuh penghargaan. Kemudian 2022 mendapat satu penghargaan, dan dua penghargaan pada 2023.


Langgur, suaradamai.com – Desa Wisata Ngilngof dan Destinasi Wisata Pantai Ngurbloat dalam tiga tahun terakhir meraih 10 penghargaan tingkat nasional dan internasional.

Prestasi gemilang itu tidak lepas dari peran Ronald Tethool dan kawan-kawan. Ronald adalah Ketua Badan Pengelola Desa Wisata Ngilngof dan Ketua Badan Pengelola Destinasi Wisata Ngurbloat.

Di bawah kepemimpinnya, pariwisata Ngurbloat melejit. Kunjungan wisatawan meningkat, pendapatan meningkat, pelaku usaha bertambah, bahkan jumlah home stay (penginapan) di Pantai Ngurbloat juga bertambah.

Selama menjabat, Ronald Tethool dan kawan-kawan meraih berbagai prestasi dan penghargaan besar di tingkat nasional dan international. Bahkan digadang-gadang sebagai pencetak rekor penghargaan terbanyak dalam waktu singkat se-Indonesia, kategori desa wisata.

Ronald Tethool, Ketua Badan Pengelola Wisata Ngurbloat. Foto: Mustiana Lestari/news.detik.com
Ronal Tethool, Ketua Badan Pengelola Wisata Ngurbloat. Foto: Mustiana Lestari/news.detik.com

Dalam tahun 2021, Tethool dan kawan-kawan meraih tujuh penghargaan, yaitu:

  1. Desa Wisata Ngilngof keluar sebagai Juara I Desa Wisata Maju di tingkat nasional dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI ) 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwista dan Ekonomi Kreatif. (Peserta lomba berjumlah 1.831 Desa Wisata di seluruh Indonesia);
  2. Desa Wisata Ngilngof masuk 50 Desa Wisata Terbaik Indonesia dalam Ajang ADWI 2021, diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif;
  3. Desa Wisata Ngilngof masuk 3 besar finalis Desa Wisata Berbasis Digital tingkat nasional dalam ajang Desa Wisata Award 2021 yang diselenggarakan oleh Bank Central Asia (BCA);
  4. Pantai Ngurbloat meraih Silver Champion Branding Campaign Award 2021 oleh Planet Tourism dan Markplus Tourism.
  5. Pantai Ngurbloat meraih Silver Champion Entrepreneurial Destination Award 2021 oleh Planet Tourism dan Markplus Tourism.
  6. Desa Wisata Ngilngof masuk 10 Besar Program Desa Wisata Surga Tersembunyi tahun 2021 oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif;
  7. Pantai Ngurbloat Desa Wisata Ngilngof masuk dalam 6 besar kategori Promosi Pariwisata Digital dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia 2021.

Selanjutnya, dalam tahun 2022, Ronald dan kawan-kawan meraih satu prestasi, yaitu:

  1. Pantai Ngurbloat di Desa Wisata Ngilngof tercatat dalam Museum Rekor Dunia (Muri) sebagai Pantai Pasir Putih Terhalus di dunia.

Kemudian dalam tahun 2023, Ronald Tethool dan kawan-kawan kembali meraih dua penghargaan, yakni:

  1. Meraih penghargaan Asean Home Stay Awards 2023 – 2025 di tingkat ASEAN pada tanggal 5 Februari 2023.
  2. Meraih Juara 1 Promosi Pariwisata Digital Terbaik dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia ke-8 API Awards 2023.

Editor: Labes Remetwa


Ikuti suaradamai.com dispot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ronald Tethool

Sosok inspiratif yang berhasil memajukan pariwisata Ngurbloat, Kepulauan Kei, Maluku.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU