Penggunaan Rute Baru di Tual Belum Maksimal, Dishub Tual akan Duduk Bersama Organda

Hingga saat ini pengunaan rute angkutan umum, khususnya di dalam Kota Tual belum begitu maksimal.


Tual, suaradamai.com – Kepala Dinas Perubungan Kota Tual Usman Borut mengakui, hingga saat ini penggunaan rute angkutan umum begitu maksimal. Sehingga pihaknya dalam waktu dekat akan duduk bersama dengan Organisasi Angkutan Darat (Organda) setempat untuk menangani masalah tersebut.

Menurut Usman, salah satu kendala dalam penertiban rute angkutan adalah kurangnya penumpang, terutama untuk rute ke Pasar Baru Un.

“Para sopir enggan melewati rute-rute tersebut, karena dianggap sepi penumpang, terutama rute Pasar Un yang hingga saat ini belum ada aktivitas di sana,” ungkap Usman ketika dihubungi, Kamis (28/1/2022).

Usman mengaku telah melakukan sosialisasi Surat Keputusan Walikota Tual nomor 18 tahun 2020 per tanggal 4 Januari 2020 tentang penetapan trayek angkutan kota dalam wilayah Kota Tual, baik lewat media maupun secara langsung kepada para sopir. Tetapi masalahnya masih tetap sama, yakni kurang penumpang.

“Tentu saja jika tetap dijalankan mereka akan mengalami kerugian, apalagi di masa Pandemi saat ini,” kata Usman.

Usman menambahkan, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait pemanfaatan Pasar Baru Un.

Dia harap, akan ada solusi yang baik untuk pemanfaatan Pasar Baru Un. Sehingga implementasi penggunaan trayek juga bisa berjalan maksimal.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, rute baru angkutan umum sesuai SK Walikota Tual nomor 18 tahun 2020 per tanggal 4 Januari 2020 tentang penetapan trayek angkutan kota dalam wilayah Kota Tual, adalah:

Terminal Lodar El/Terminal Wara – Angkatan Laut, belok kanan – Aspol Lama –  Gereja Sion Tual – lanjut ke Kantor Pengadilan Tual – lanjut ke Dealer Toyota/Yamaha Un –  lurus ke arah Pompa Air Un – belok kiri ke arah Pompa Bensin Un – di depan Bengkel Las Kabul, belok kanan menuju Pasar Baru Kota Tual dan kembali sesuai rute awal/semula.

Editor: Labes Remetwa


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU