Terima Kunjungan Latupati, Kapolda Ingin Maluku Tetap Aman dan Damai

Ketua Latupati Maluku Ibrahim M. Wokas menyatakan siap membantu dan mendukung Polda Maluku dalam memelihara Kamtibmas yang kondusif.


Ambon, suaradamai.com – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Maluku Irjen Pol Lotharia Latif menginginkan agar Bumi Raja-raja tetap hidup dalam bingkai persaudaraan, aman dan damai.

Hal itu ia sampaikan kepada para Latupati dalam kunjungan Latupati di Mapolda Maluku, Ambon, Senin (14/2/2022).

Dalam pertemuan silaturahmi tersebut, Kapolda yang didampingi Karo Ops, Kombes Pol Asep, dan Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol M. Rum Ohoirat, berharap kepada para Latupati agar dapat membantu mengakhiri konflik sosial yang kerap terjadi.

Khusus di wilayah Pulau Haruku, orang nomor 1 Polda Maluku ini meminta dukungan semua pihak agar dapat segera menyelesaikan persoalan tersebut.

“Kami sangat berharap persoalan konflik yang terjadi di wilayah Haruku harus segera dituntaskan dengan kepala dingin dan tenang, sehingga Maluku kembali damai,” pinta Kapolda.

Mantan Kapolda Nusa Tenggara Timur itu yakin bahwa konflik di Pulau Haruku dapat dituntaskan.

“Komunikasi dan rekonsiliasi perdamaian di desa Kariu harus segera dilaksanakan, sehingga warga masyarakat yang masih mengungsi di Desa Aboru dapat segera kembali dan beraktifitas di desanya dengan aman,” harap Kapolda.

Kapolda menaruh harapan besar adanya dukungan penuh dari para Latupati Maluku dalam menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) yang semakin kondusif.

Maluku, lanjut Kapolda, harus berada dalam kondisi aman dan damai, sehingga dapat mengelola kekayaan alam berlimpah yang dimiliki untuk menumbuhkan ekonomi dan mensejahterakan rakyat.

“Maluku ini memiliki potensi yang sangat banyak mulai dari hasil laut hingga yang ada di darat dan hal ini menjadi perhatian para investor. Olehnya itu situasi yang aman sangat dibutuhkan sehingga Maluku dapat maju dan masyarakat bisa sejahtera,” pungkas Kapolda.

Pada kesempatan itu, Ketua Latupati Maluku Ibrahim M. Wokas, menyatakan siap membantu dan mendukung Polda Maluku dalam memelihara Kamtibmas yang kondusif.

“Kami juga menyampaikan permasalahan keamanan yang terjadi antara desa di Maluku selain diselesaikan secara hukum, juga bisa diselesaikan melalui penyelesaian secara adat,” kata Ibrahim.

Latupati, lanjut dia, juga telah bersepakat untuk tidak lagi ada aksi kekerasan dan konflik sosial di wilayah Maluku. Pihaknya, akan mengambil tindakan secara adat terhadap setiap mereka yang berkonflik.

“Dan persoalan tapal batas antar desa harus diselesaikan antar kedua desa tersebut dan jangan menyebarkan persoalan tersebut ke wilayah lain yang pada akhirnya menimbulkan persoalan baru hingga mengganggu Kamtibmas di Maluku, khususnya kota Ambon,” pungkas Ibrahim.

Editor: Labes Remetwa


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU