Pasar Baru Un Sunyi, Disperindag Tual Wacanakan Pendaftaran Ulang

Fasilitas yang ada di Pasar Baru Un sudah sesuai standar yang ditetapkan oleh pusat.


Tual, suaradamai.com – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Tual terus berupaya mengoptimalkan penggunaan Pasar Baru Un menjadi salah satu pusat perbelanjaan di Tual.

Kondisi Pasar Baru Un saat ini sunyi tak berpenghuni. Sesuai pantauan Suara Damai, tidak ada satupun penjual yang beraktivitas di pasar tersebut.

Kepala Dinas Perindag Kota Tual Darnawati Amir, saat diwawancarai di ruang kerjanya, Senin (10/1/2022), mengatakan, pihaknya saat ini sedang melaksanakan pertemuan dengan calon-calon penghuni pasar yang telah mendaftarkan diri sejak dibukanya masa pendaftaran.

“Hari ini staf saya melakukan pertemuan dengan calon penghuni Pasar Baru Ngadi. Tidak hanya itu, kita merencanakan melakukan pertemuan dengan semua calon penghuni pasar, baik pasar baru di Fiditan dan Un,” kata Amir.

Pertemuan dilakukan untuk mendapatkan jawaban pasti dari setiap calon tentang keinginan mereka berjualan di pasar baru. Amir juga menegaskan jika setelah pertemuan dan pelaksanaannya tidak sesuai, maka nama-nama calon penghuni akan dihapus untuk dilakukan pendaftaran baru penghuni pasar.

“Pendaftaran penghuni pasar sudah dua kali dibatalkan dari tahun 2019, dan 2020. Kita akan menghapus nama calon dan melakukan pendaftaran ulang jika tidak ada perubahan,” tegas Amir.

Menurut Amir, kendala yang dihadapi pasar Baru Un saat ini adalah sarana transportasi. Namun, fasilitas lain yang berada di pasar baru tersebut sudah sesuai standar yang ditetapkan oleh pusat.

“Sarana fasilitas lengkap sesuai standar. Ada air, Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL), bahkan ada juga tempat pemotongan hewan. Sangat disayangkan jika pasar ini tidak digunakan oleh masyarakat,” papar Amir.

Selain itu, Amir mengaku bahwa ia telah dihubungi oleh beberapa pengusaha untuk mengubah beberapa bangunan menjadi Cafe, GYM dan juga tempat les senam karena dianggap sangat potensial.

“Kita akan lakukan pertemuan membahas hal itu dengan pimpinan daerah untuk menindaklanjuti usulan tersebut,” kata Amir.

Editor: Labes Remetwa


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU